Friday, 13 October 2023 13:20

Indonesian Night di Melbourne, Tunjukkan Keindahan Budaya Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Melbourne menyelenggarakan Indonesian Night di Melbourne, Australia, pada Jumat (6/10/2023). Kegiatan yang merupakan rangkaian Festival Indonesia 2023 (FI 2023) itu mengangkat tema "Stunning Indonesia: The Story of Our Capitals".

“Malam ini adalah perayaan keindahan, budaya, dan sejarah Indonesia, yang menjadi pengingat akan ikatan yang mengikat kita, di mana pun kita berada. Jadi, duduklah, bersantai, dan bersiaplah untuk terpesona oleh kekayaan budaya Indonesia saat kita menyaksikan Indonesian Night,” tutur Konsul Jenderal (Konjen) Kuncoro Waseso dalam sambutannya yang dikutip dari keterangan KJRI Melbourne yang diterima di Jakarta, Rabu (11/10/2023)

Bertempat di State Library, Indonesian Night dihadiri oleh sekitar 200 penonton dan menghadirkan sejarah ibu kota Indonesia melalui narasi dan tarian. Acara ini dihadiri oleh berbagai komunitas dan penari seperti Bukit Benus Ladies Balikpapan, Frida Aulia Fashion Show, ExtravaGanda, Malindo Dance, Lia Anggraini, dan Maria Parker.

Fimelia Wikan, mahasiswi Indonesia yang tengah menempuh studi di Melbourne mengaku bangga dengan acara tersebut. "Ini mengingatkan saya bahwa Indonesia memiliki beragam budaya. Plus, kapan lagi bisa dengar musik tradisional di luar negeri. Jadi kangen rumah," tutur Fimelia.

Senada dengan Fimelia, Millie, anak diaspora Indonesia yang menjadi narrator dalam cerita ini juga merasa senang bisa menjadi bagian dari acara kebudayaan ini. "I feel good to be part of this event. It was exciting and a good experience for me," ujar Millie sambil tersenyum.

FI 2023 diselenggarakan oleh Festival Indonesia Incorporated bekerja sama dengan Konsulat Jenderal RI di Melbourne dengan dukungan aktif dari komunitas Indonesia di Melbourne. FI 2023 juga didukung oleh Garuda Indonesia, Xendit, IIPC Sydney, Kabo Lawyers, Batik Air, Integrity Lawyers, Indomie serta Atase Perdagangan RI di Canberra dan Indonesian Culinary Asssociation in Victoria (ICAV).

Read 223 times