Tuesday, 24 October 2023 13:50

Kemlu RI: Peringatan Hari PBB, Momentum Penguatan Multilateralisme dan Kolaborasi

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan PBB di Indonesia menyelenggarakan peringatan Hari PBB ke-78, Selasa (24/10/2023), di Jakarta.

Dalam sambutannya, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu Tri Purnajaya mengatakan, dengan mengambil tema Our Common Future: Peace and Prosperity for All, peringatan Hari PBB 2023 menekankan pentingnya memperkuat semangat multilateralisme dan kolaborasi.

“Pesan utama yang ingin ditekankan adalah pentingnya memperkuat spirit multilateralisme dan semangat kolaborasi untuk mewujudkan perdamaian dan kemakmuran bersama. Bukan hanya untuk generasi sekarang namun juga untuk generasi mendatang,” katanya.

Lebih lanjut Tri Purnajaya mengatakan, peringatan Hari PBB di tahun 2023 memiliki makna penting dalam perjalanan menuju pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) 2030. Termasuk catatan mengenai pencapaian SDGs belum sesuai dengan yang diharapkan.

“Tahun 2023 ini memiliki arti penting karena kita berada di separuh jalan menuju target pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs) pada tahun 2030. Namun kita juga mencatat progress pencapaian SDGs masih jauh dari yang diharapkan,” katanya.

Selain itu, menurutnya, perayaan Hari PBB 2023 juga merupakan momentum penting untuk mendorong reformasi di dalam tubuh PBB. Terkait hal ini, sebelumnya, Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menyampaikan rencana reformasi di dalam tubuh PBB untuk menjawa tantangan perubahan zaman.

“Tahun ini juga penting karena akan dimulainya guliran pembahasan persiapan Summit of The Future tahun 2024, tahun depan, yang merupakan momentum penting untuk mendorong reformasi PBB dan sistem multilateral secara menyeluruh,” katanya.

Tri Purnajaya juga menyebut bahwa Hari PBB merupakan momentum penting untuk melakukan refleksi terhadap berbagai capaian dan tantangan kerja PBB di masa mendatang.

Read 293 times Last modified on Tuesday, 24 October 2023 14:30