Friday, 03 November 2023 13:16

Pemerintah Indonesia Berhasil Evakuasi WNI dari Gaza ke Kairo

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Menlu RI saat Press Briefing Rabu (3.11.2023) di Jakarta

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam temu media secara daring, Jumat (3/11), menyampaikan, Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi 4 orang Warga Negara Indonesia (WNI) dan 1 orang istri dari salah satu WNI ke Kairo bersama tim Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo dengan selamat. Retno Marsudi juga menjelaskan Tim KBRI Kairo sudah bersiap di kota Rafah untuk menjemput para WNI di Kota Rafah.

 

“Kami melakukan kontak kembali kepada tim dan diperoleh informasi alhamdulillah bahwa WNI dan tim dari KBRI Kairo sudah tiba di Kairo dengan selamat.,” kata Menlu Retno dalam keterangan resmi pada Jumat (3/11/2023).

 

Retno Marsudi mengungkapkan, proses evakuasi WNI dari Gaza ke Rafah tidaklah mudah. Sebelumnya, pada Rabu 1 November 2023 para WNI sudah menuju Kota Rafah namun harus kembali ke Gaza dikarenakan situasi tidak kondusif. Namun dalam percobaan ketiga kalinya, akhirnya WNI berhasil dievakuasi ke Rafah.

 

Sementara itu, dalam pesan suara yang diterima Kemenlu, salah satu WNI yang diketahuin bernama Onim mengatakan bahwa ia bersama rombongan dalam perjalanan ke kantor KBRI Kairo.

 

“Assalmu’alaikum, Ibu. Terima kasih alhamdulillah bang Onim dan anak istri sudah bersama teman-teman KBRI Kairo. Sekarang sedang on the way di Kedutaan. Terima kasih ibu. Terima kasih alhamdulillah atas kerja samanya. Terima kasih,” kata Onim dalam pesan suara yang diterima Kemlu.

Read 210 times Last modified on Friday, 03 November 2023 13:53