Sunday, 05 November 2023 06:09

Komunitas Perempuan Menari Sukses Adakan Pertunjukkan Tari Renggana

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

 Komunitas Perempuan Menari sukses mengadakan pergelaran tari tahunan yang ke-5 bertajuk “Renggana” pada Sabtu (4/11/2023) di Gedung Kesenian Jakarta.

 

 

VOInnews, Jakarta: Komunitas Perempuan Menari sukses mengadakan pergelaran tari tahunan yang ke-5 bertajuk “Renggana” pada Sabtu (4/11/2023) di Gedung Kesenian Jakarta. Ketua pergelaran Renggana, Marina Joy mengatakan pertunjukan ini merupakan bentuk apresiasi kepada perempuan Indonesia untuk membuktikan bahwa usia tidak menjadi penghalang untuk menekuni seni tari tradisional Indonesia.

 

“Renggana ini bentuk apresiasi kita sebagai Komunitas Perempuan Menari untuk lebih menghargai budaya Indonesia dan tujuannya adalah membuktikan kepada warga Indonesia, seluruh dunia, bahwa perempuan Indonesia mau muda atau tua itu tetap, mungkin, tadi diliatkan umurnya itu ada yang 60 tahun tetap mungkin untuk melakukan hal seperti itu (menari),” katanya.

 

Dalam pergelaran tari “Renggana”, para penari menampilkan tujuh tarian pendek dan 1 tarian garapan. Beberapa tarian pendek diciptakan khusus untuk Komunitas Perempuan Menari seperti, Tarian Puan Betanggai (Palembang), Kelape Puan (Betawi) dan Bedhayan Wani Prasthi Mataya (Jawa Tengah).

 

Sedangkan tarian garapan yang berjudul Sengat Tuah Penyengat, diangkat dari seni bumi Melayu yang terinspirasi dari Pasal 6 Gurindam 12 karya Raja Ali Haji dari Pulau Penyengat, Kepulauan Riu.

 

Sementara itu, Seniman dan Budayawan Jaya Suprana mengapresiasi pergelaran tari dari Komunitas Perempuan Menari ini dikarenakan semua penampil adalah perempuan.

 

“Saya sangat terkesan karena setiap bangsa memiliki kesejahteraan seni tari masing-masing dan saya sangat mengagumi seni tari bangsa-bangsa di dunia ini namun terus terang hari ini saya mengakui bahwa saya tidak pernah melihat seni tari seperti ini di Gedung Kesenian Jakarta. Apalagi seni tari yang ditampilkan oleh seluruhnya perempuan,” kata Jaya Suprana.

 

Komunitas Perempuan Menari merupakan komunitas yang terdiri dari perempuan-perempuan dengan berbagai profesi dan usia yang menyatu untuk melestarikan budaya Indonesia lewat tari tradisional Nusantara.

Read 383 times