Saturday, 04 November 2023 19:09

CEO Special Olympics Sebut Asia-Pasifik Kawasan yang Penting

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Suasana Konferensi Pimpinan Regional (Regional Leadership Conference) Special Olympics Asia-Pacific di Hotel Pullman Central Park, Jakarta, Sabtu (04/11/2023). (Foto: VOI/Rama Shidqi P.)

 

VOINews, Jakarta: CEO Special Olympics, Mary Davis mengatakan, kawasan Asia-Pasifik penting bagi pengembangan olimpiade penyandang disabilitas intelektual tersebut. Menurutnya, kawasan tersebut sarat dengan “negara-negara besar”, salah satunya Indonesia.

“Wilayah ini sangat penting bagi keseluruhan perkembangan Special Olympics secara global. Wilayah ini mempunyai beberapa negara terbesar di dunia. Jika Anda melihat India, Bangladesh, Indonesia, atau Australia, begitu pula programnya yang harus besar dan hebat,” kata Mary dalam wawancara khusus dengan RRI Voice of Indonesia di sela-sela Konferensi Pimpinan Regional Special Olympics Asia-Pacific (RLC SOAP) 2023 di Jakarta, Sabtu (04/11/2023).

 

Dengan banyaknya negara besar di Asia-Pasifik, Mary menyebut perlunya program Special Olympics dan pemimpin yang kuat. Dia meyakini, program dan pemimpin yang kuat dari Asia-Pasifik dapat menjadi teladan bagi negara-negara lain, terutama negara-negara kecil.

 

“Jadi dalam kaitannya dengan perluasan Special Olympics secara global, sangat penting bagi kita memiliki program dan pemimpin yang kuat di masing-masing negara, karena mereka dapat menjadi teladan bagi negara lain, mungkin negara-negara yang lebih kecil, dalam hal mengembangkan dan menumbuhkan program mereka,” katanya melanjutkan.

 

Mary juga menyebut bahwa konferensi ini merupakan yang kali pertama diselenggarakan pasca-pandemi Covid-19. Dengan demikian, dia berharap RLC SOAP 2023 dapat memulihkan kekuatan pihak-pihak terlibat dan menjadikan Special Olympics lebih kuat.

 

"Wilayah ini (Asia-Pasifik), khususnya, lebih menderita dan lebih banyak kehilangan pelatih, relawan, dan atlet (selama pandemi Covid-19). Jadi, konferensi hari ini di Indonesia adalah tentang bagaimana kita dapat menumbuhkan kembali (kekuatan pelatih, relawan, dan atlet) menjadi lebih baik, lebih besar, dan lebih kuat," katanya menambahkan.

 

Konferensi RLC SOAP 2023, yang diikuti perwakilan atlet, relawan, dan pelatih Special Olympics se-Asia-Pasifik, digelar mulai Jumat (03/11/2023) hingga Ahad (05/11/2023). Agenda yang diselenggarakan antara lain penyampaian rencana strategis, presentasi, serta pengembangan diri masing-masing peserta dalam berbagai sesi. Selain itu, juga terdapat malam budaya yang dipersembahkan oleh Special Olympics Indonesia dengan bantuan Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.

Read 225 times