Monday, 06 November 2023 13:32

Menlu Retno : Satu Keluarga WNI Belum Berhasil Dievakuasi

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(0 votes)

Menlu Retno Marsudi dalam keterangan resmi Senin 6 November 2023 Terkait evakuasi WNI dari Gaza (Foto: Kemlu)

 

 

VOInews, Jakarta: Pemerintah Indonesia masih belum berhasil mengevakuasi satu keluarga M.Hussein, Warga Negara Indonesia (WNI) dari Gaza. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menjelaskan upaya evakuasi masih terkendala ditutupnya akses utama di Jalur Gaza.

 

“Upaya untuk melakukan evakuasi terhadap satu keluarga WNI yang tinggal di Gaza Selatan kembali belum berhasil. Diperoleh informasi, bahwa pintu dari sisi Gaza tidak dibuka sehingga tidak memungkinkan dilakukan evakuasi. Dari lapangan kami juga memperoleh informasi, bahwa sudah dua hari ini tidak ada evakuasi dari Gaza ke Rafah,” kata Menlu Retno dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (6/11/2023).

 

Retno Marsudi juga menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia terus melakukan komunikasi untuk memastikan WNI dalam keadaan baik.

 

“Kita akan terus berusaha dan kemarin saya lakukan kembali komunikasi dengan berbagai pihak, untuk memastikan bahwa WNI dalam keadaan baik. Saya juga langsung berkomunikasi dengan keluarga WNI Pak Hussein, untuk memberikan semangat dan menyampaikan bahwa kami sedang terus berusaha,” ucapnya.

 

Selain itu, ia mengungkapkan Kementerian Luar Negeri juga terus berkomunikasi dengan tiga relawan MER-C yang berada di sekitar Rumah Sakit Indonesia dan Kantor MER-C Jakarta untuk memastikan keselamatan ketiganya. Ia juga terus menyerukan agar Israel menghentikan serangan terhadap warga sipil dan fasilitas-fasilitas sipil seperti rumah sakit, masjid dan gereja.

 

“Patuhi hukum humaniter internasional. Sekjen PBB pernah mengatakan, di dalam perang pun ada hukumnya,” tutupnya.

Read 171 times