Thursday, 09 November 2023 11:18

Presiden Joko Widodo Meresmikan PLTS Terbesar di Asia Tenggara

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Presiden RI Joko Widodo usai meresmikan PLTS Terapung Cirata di Purwakarta pada Kamis (9112023). (Foto Tangkapan layar Akun YouTube Sekneg)

 

VOInews, Jakarta: Presiden Joko Widodo meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Terapung Cirata di Purwakarta pada Kamis (9/11/2023). Ia mengatakan PLTS Terapung Cirata mampu menampung daya hingga 192 Megawatt dan merupakan yang terbesar di Asia Tenggara.

 

“Akhirnya kita memiliki PLTS pembangkit listrik tenaga surya 192 Megawatt yang ini merupakan pembangkit listrik tenaga surya yang floating yang terbesar di Asia Tenggara,” katanya.

 

Presiden Joko Widodo juga mengatakan bahwa ia telah menyampaikan langsung kepada Menteri Negara Perdagangan Luar Negeri Uni Emirat Arab Thani bin Ahmed Al Zeyoudi untuk meningkatkan daya sebanyak 500 Megawatt.

 

“Saya kira setelah memulai ini, nanti tadi saya sudah berbicara juga dengan menteri Dr Tani dari UAE bahwa ini akan di tingkatkan lagi mungkin di angka kurang lebih 500 megawatt dan kita harapkan akan semakin banyak energi baru terbarukan yang dibangun di negara kita, Indonesia. Baik itu tenaga surya hydropower, kemudian geothermal, kemudian tenaga angin. Saya kira kalau terus secara konsisten kita laksanakan seperti ini akan sangat baik,” ucapnya.

 

Terkait pendistribusian listrik, Presiden menggungkapkan PLTS yang masih kecil ini hanya dapat dialirkan ke sekitar wilayah Cirata saja. Ia juga mengatakan, Indonesia memiliki target pada tahun 2024 sebesar 23% untuk energi terbarukan, namun hal tersebut tidak mudah.

 

“Komitmen kita tetap bahwa kita akan terus mengejar target yang sudah kita berikan,” lanjutnya.

 

Selain itu, Presiden juga mengungkapkan proyek paling dekat dan besar adalah hydropower. Dimana permintaan terkait Green Energy untuk industry meningkat.

 

“Permintaan untuk yang Green Energy untuk industri itu yang paling banyak karena semuanya ingin mendapatkan apa, produk-produk premium dari Green Energy,” tutupnya.

Read 184 times