Tuesday, 28 November 2023 21:36

Bank Dunia Berikan Suntikan Dana untuk Pariwisata Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief with Sandi Uno di Jakarta pada Senin (27/11/2023). (Foto: Tangkapan layar YouTube Kemenparekraf)

 

VOInews.id, Jakarta: Bank Dunia akan menambah suntikan dana sebesar 30 juta dolar AS untuk pariwisata Indonesia. Dana itu ditujukan khususnya untuk Kampanye Sadar Wisata (KSW) 5.0 dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI (Kemenparekraf).

 

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Uno mengaku bersyukur karena Kemenparekraf dinilai layak mendapatkan dana tersebut. Sandiaga mengatakan, Kemenparekraf akan segera bergerak melakukan pertemuan dan memperluas kampanye tersebut tidak hanya di enam destinasi prioritas. Selain itu, Kemenparekraf berencana melakukan sertifikasi sumber daya manusia di Pulau Bali dan Pulau Jawa.

 

“Hari ini langsung gercep (gerak cepat) kita adakan pertemuan bahwa diperluas bukan hanya 6 destinasi pariwisata prioritas tapi mungkin akan juga merangkul untuk sertifikasi di Bali dan juga di wilayah lain di pulau Jawa,” kata Sandiaga dalam The Weekly Brief With Sandi Uno yang diselenggarakan Kemenparekraf di Jakarta, Senin (27/11/2023).

 

Sandiaga, lanjutnya, menyatakan bahwa Kampanye Sadar Wisata 5.0 adalah program yang ‘tepat sasaran’ dan ‘tepat waktu’. Program ini dinilainya tepat untuk kebangkitan pariwisata Indonesia yang lebih berkualitas dan berkelanjutan.

 

Kampanye Sadar Wisata 5.0 adalah inisiatif Kemenparekraf untuk meningkatkan sumber daya manusia di desa-desa wisata. Program ini fokus pada pengembangan kesadaran serta pengembangan mentalitas dan karakter produktif masyarakat desa. Kampanye ini, menurut Kemenparekraf, dilakukan dalam rangka memajukan pariwisata berbasis masyarakat.

Read 290 times Last modified on Wednesday, 29 November 2023 09:41