Monday, 11 December 2023 14:13

288 Pramuka Indonesia Ikuti Jambore Nasional Brunei Darussalam

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Jakarta: Sebanyak 288 peserta Pramuka Indonesia berpartisipasi pada kegiatan Jambore Nasional Brunei Darussalam ke-5 (The 5th Brunei Darussalam Scout National Jamboree) pada 2-7 Desember 2023 di Royal Grand Stand, Community Hall, Bukit Bendera, Tutong, Brunei Darussalam.

 

Duta Besar RI untuk Brunei Darussalam Ahmad Ubaedillah mengatakan keterlibatan kontingen Pramuka Indonesia dalam acara tersebut dapat mempromosikan citra positif Indonesia.

 

“Kehadiran kontingen mencapai 288 Pramuka Indonesia dalam Jambore Brunei tahun ini menunjukkan bahwa Pramuka Indonesia juga turut aktif dalam mempromosikan citra prositif Indonesia, sebagai bagian dari upaya soft diplomacy Indonesia di luar negeri," kata Dubes Ubaedillah dalam keterangan yang diterima pada Senin (11/12/2023) di Jakarta.

 

Kegiatan Jambore Nasional Brunei ke-5 diikuti oleh lebih dari 800 peserta yang berasal dari Brunei, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand. Kontingen Pramuka Indonesia merupakan peserta terbanyak, setelah tuan rumah Pramuka Brunei, dan dipimpin oleh Ketua Kontingen Mohammad Laiyin Nento, Andalan Nasional atau Sekretaris Komisi Kerja sama Luar Negeri Gerakan Pramuka Nasional Indonesia.

 

Kontingen Pramuka Indonesia berasal antara lain dari Kwartir Daerah Jakarta, Jawa Barat, Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Timur, Kalimantan Barat, dan Kalimantan Tengah.

 

Penyelenggaraan Jambore Ke-5 bertepatan dengan peringatan 90 tahun pendirian Pengakap (Pramuka) Brunei Darussalam pada tahun 1933 di Tutong. Sesuai kesepakatan, kegiatan Jambore berikutnya akan diadakan di Malaysia (ke-6), yang kemudian akan dilanjutkan di Singapura (ke-7) dan di Indonesia (ke-8).

Read 199 times