Monday, 11 December 2023 14:56

Hadiri Pertemuan Khusus WHO, Indonesia Soroti Pentingnya Percepatan Bantuan Kesehatan untuk Gaza

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan khusus Executive Board Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu 10 Desember 2023 di Jenewa, Swiss untuk membahas situasi di Gaza. Foto: KEMLU RI

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menghadiri pertemuan khusus Executive Board Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Minggu 10 Desember 2023 di Jenewa, Swiss untuk membahas situasi di Gaza.

 

Dalam pertemuan tersebut, Retno Marsudi menekankan pentingnya percepatan bantuan Kesehatan untuk Gaza.

 

Dalam pertemuan, saya juga sampaikan tiga hal penting yang harus dilakukan. Pertama, pentingnya mempercepat bantuan kesehatan untuk Gaza,” kata Retno Marsudi dalam keterangan resminya pada Senin (11/12/2023).

 

Retno juga mengatakan Indonesia mendesak Israel untuk menghormati hak atas kesehatan dan akses masyarakat Gaza terhadap fasilitas kesehatan.

 

“Indonesia telah mengirimkan 4 sortie bantuan kemanusiaan. Indonesia juga akan mengirimkan kapal rumah sakit ke Gaza guna membantu masyarakat yang terluka dan sakit,” ucapnya.

 

Retno Marsudi pun menyoroti pentingnya perlindungan terhadap seluruh pekerja dan fasilitas medis. Serta Israel menghormati dan menegakkan hukum humaniter internasional.

 

“Indonesia mendesak adanya akuntabilitas dan keadilan atas seluruh serangan terhadap pekerja dan fasilitas medis di Gaza,” kata Retno Marsudi.

 

Ia juga menyampaikan pentingnya peningkatan mobilisasi dukungan untuk WHO.

 

“Dukungan ini sangat diperlukan bagi beroperasinya program-program WHO dan UNRWA di Gaza. Indonesia juga mendukung WHO untuk melakukan donors conference guna dapat membiayai dan membangun kembali sistem kesehatan Palestina,” terangnya.

Read 169 times Last modified on Monday, 11 December 2023 15:08