Sunday, 17 December 2023 23:57

KTT ASEAN-Jepang Hasilkan Dokumen Berorientasi Masa Depan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang menghasilkan dua dokumen yang ditujukan bagi penguatan kerja sama di masa mendatang. Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjelaskan kedua dokumen tersebut yaitu dokumen Joint Vision Statement dan dokumen Implementasi Plan of the Joint Vision Statement.

“Joint Vision Statement, merupakan visi jangka panjang ASEAN-Jepang sebagai trusted partners,” katanya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu (17/12/2023).

Retno Marsudi menjelaskan, dokumen Joint Vision Statement dibentuk dengan berbasis pada tiga pilar utama yaitu pilar Heart to Heart Partners Across Generations, yang didalamnya mencakup kerja sama antara lain pertukaran pemuda, budaya, olahraga, sains dan teknologi, serta dukungan terhadap Sekretariat ASEAN; pilar Partners for Co-Creation of Economy and Society yang membahas kerja sama di bidang ekonomi, lingkungan, manajemen kebencanaan, dan ketahanan pangan, serta transisi energi; dan pilar Partners for Peace and Stability yang mengarahkan kerja sama untuk menjaga stabilitas keamanan, termasuk keamanan maritim.

Sementara dokumen kedua Implementasi Plan of the Joint Vision Statement merupakan dokumen yang menerjemahkan dokumen pertama dan memuat seluruh kerja sama yang akan dilakukan oleh ASEAN dan Jepang di masa mendatang.

“Dokumen ini memuat 130 kerja sama dari 3 (tiga) pilar utama di Joint Vision Statement. Jadi intinya ini adalah menerjemahkan atau upaya untuk melaksanakan dari visi yang sudah disampaikan di dokumen yang pertama,” kata Retno Marsudi.

Menlu Retno menerangkan bahwa kedua dokumen hasil KTT Perayaan 50 Tahun ASEAN-Jepang tersebut akan menjadi acuan kemitraan kedua belah pihak yang berorientasi ke masa depan.

Read 251 times