Monday, 25 December 2023 17:05

Uskup Agung Jakarta Ajak Umat Kristiani Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(0 votes)
 
 
 
VOInews, Jakarta: Pemimpin Misa Natal Pontifikal Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Ignasius Kardinal Suharyo mengajak umat Kristiani untuk terus menumbuhkan rasa cinta tanah air dengan menjadi pemilih yang cerdas pada Pemilu 2024.
 
“Dalam konteks aktual sekarang ini, cinta tanah air antara lain berarti terlibat aktif ikut memilih dengan cerdas,” kata Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Ignasius Kardinal Suharyo dalam khotbah di Gereja Katedral Jakarta, Senin (25/12/2023).
 
Uskup Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) Ignasius Kardinal Suharyo berharap pemilu kali ini dapat melahirkan pemimpin-pemimpin yang memiliki integritas tinggi dan bermartabat.
 
Selain itu, ia juga menyoroti tingginya angka stunting di Indonesia. Badan Pusat Statistik Nasional mengumumkan bahwa Ratio Gini penduduk Indonesia ada di angka 0,388 pada Maret 2023, meningkat dibandingkan dengan angka pada September 2022.
 
“Angka tengkes (Stunting) yang tinggi, anak-anak yang kelaparan, kurang gizi, 21,6 persen jumlahnya,” kata.
 
Ia juga mengungkapkan, banyaknya makanan yang terbuang mencapai Rp330 triliun setiap tahunnya. 
 
"Makanan yang dibuang sebagai sampah pada tahun 2022, kalau dirupiahkan 330 triliun. Sementara anak-anak kita kurang gizi,” ucap Uskup Agung Ignasius Kardinal Suharyo.
 
Ia berpendapat hal tersebut dapat berdampak pada pendidikan, kesehatan dan wilayah kehidupan lainnya.
 
“Dalam konteks seperti ini, agar damai dan sejahtera dapat dicapai, diperlukan akhlak mulia dari para penyelenggara negara, dunia bisnis, dan masyarakat Indonesia,” ucapnya.
 
Dalam rangka perayaan Natal, Gereja Katedral Jakarta menggelar ibadah Misa Natal 2023 pada saat malam menjelang Natal 24 Desember 2023 dan saat perayaan Natal tanggal 25 Desember 2023.
 
Read 144 times Last modified on Monday, 25 December 2023 18:16