Sunday, 24 December 2023 15:33

Tampil di RRI Voice of Indonesia, Farhang Promosikan Musik untuk Perdamaian dan Kebebasan

Written by 
Rate this item
(2 votes)

 

 

 

VOInews, Jakarta: Farhang, grup musik tradisional kenamaan asal Iran berbagi pengalaman bermusik bersama RRI Voice of Indonesia di Jakarta, Minggu (24/12/2023). Salah satu musisi Farhang Ensemble, Pouria Behtouei, mengatakan musik yang mereka bawakan di berbagai kesempatan senantiasa mempromosikan perdamaian dan kebebasan.

“Kami selalu membawa pesan damai dan kebebasan dalam permainan musik kami dimanapun kami tampil, karena itu juga pesan yang dibawa dari seni musik Iran,” kata Pouria Behtouei.

Pouria Behtouei yang memainkan instrumen Santur menjelaskan bahwa anak muda di Iran mengenal musik tradisional melalui berbagai sarana. Menurutnya, pemerintah Iran memberikan fasilitas dan kemudahan bagi anak muda Iran untuk dapat mempelajari seni musik.

“Kami punya workshop untuk para orang tua mengenal kesenian Iran. Iran juga memiliki sekolah musik dan banyak profesor musik disana. Anak muda Iran sangat tertarik dengan musik tradisional Persia dan kami memiliki keyakinan terhadap masa depan anak muda Iran,“ katanya.

Dirinya pun melihat peluang yang sangat baik dalam potensi kolaborasi musik radisional Iran dengan berbagai aliran musik yang ada di dunia.

“Dengan kemampuan bermusik yang baik, kesenian musik Barat dan Timur dapat menghasilkan kolaborasi yang baik,“ katanya.

Farhang telah menampilkan karya musik tradisional Iran di berbagai belahan dunia. Pouria Behtouei berharap penampilan mereka dapat memperkaya khazanah kesenian musik masyarakat dunia dan kesenian Iran dapat dikenal lebih jauh oleh komunitas global.

“Kami berharap tradisi musik Iran dapat menjadi duta besar untuk perdamaian dan persahabatan di seluruh dunia. Untuk menunjukkan kekayaan budaya kami kepada yang lain. Kami berharap masyarakat dunia dapat lebih mengenal kesenian Iran,“ katanya

Grup musik Farhang didirikan oleh Hossein Yazdi pada tahun 2008, yang memainkan komposisinya sendiri dan karya orang lain. Anggota Farhang terdiri dari Hossein Yazdi (tombak), Ali Hossein (ney), Mahdi Shafiabadi (setar dan vokal) serta Pouria Behtouei (santur).

Ansambel ini mencakup beberapa instrumentalis virtuoso terbaik di Iran dan telah tampil di festival-festival besar di seluruh dunia dan memiliki banyak rekaman sebagai penghargaan mereka.

Read 184 times Last modified on Sunday, 24 December 2023 15:37