Tuesday, 02 January 2024 21:11

Indonesia Turut Berduka Atas Musibah Bencana Jepang

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia (Kemlu RI) menyampaikan duka mendalam atas musibah gempa bumi yang melanda Jepang.

"Indonesia sangat berduka atas bencana gempa bumi dahsyat yang terjadi di Prefektur Ishikawa dan sekitar wilayah Hokuriku di Jepang," tulis Kemlu RI dalam akun media sosial X yang dipantau dari Jakarta, Selasa (2/1/2023).

Dalam akun media sosial itu, Kemlu RI juga menyatakan solidaritas bersama masyarakat Jepang, dan berharap agar semua yang terdampak musibah dapat segera pulih.

"Indonesia menyatakan solidaritasnya dengan masyarakat Jepang, dan kami dengan tulus berharap semua yang terkena dampak bencana alam ini dapat segera pulih sepenuhnya," tulis Kemlu RI.

Gempa berkekuatan magnitudo sekitar 7.4 melanda prefektur Ishikawa, Jepang pada tanggal 1 Januari 2024 pada pukul 16.10 JST atau 14.10 WIB. Gempa juga dirasakan di wilayah Prefektur Niigata, Toyama, dan Fukui, Nagano, Gifu, Tokyo, Yamagata, Fukushima, Ibaraki, Tochigi, Gunma, Saitama, Shizuoka, Aichi, Mie, Shiga, Kyoto, Osaka, Hyogo, Nara, Tottori, Iwate, Miyagi, dan Akita. Gempa telah menyebabkan gelombang tsunami di beberapa wilayah.

Tercatat terdapat 1.315 WNI yang menetap di Prefektur Ishikawa, 1.344 di Toyama, dan 1.132 di Niigata. Pemerintah Jepang telah mencabut peringatan tsunami pada Selasa (2/1/2023) sehingga sebagian besar warga telah diperbolehkan kembali ke rumah masing-masing.

Read 190 times Last modified on Tuesday, 02 January 2024 21:14