Wednesday, 17 January 2024 21:19

Indonesia Memegang Peranan Penting pada ATF 2024 Laos

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Indonesia memegang peranan penting pada penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum 2024 yang akan digelar pada 22  hingga  27 Januari di Laos. Hal tersebut disampaikan oleh Deputi Bidang Sumber Daya dan Kelembagaan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Martini Mohamad Paham dalam The Weekly Brief with Sandi Uno, di Jakarta Senin (15/01/2024).

Pada ASEAN Tourism Forum 2024 yang berfokus pada quality dan sustainable Tourism, Martini mengungkapkan beberapa peranan penting Indonesia, salah satunya sebagai co-chair atau co-lead Sustainable and Incklusif Tourism Development, dimana Indonesia akan bercerita mengenai keberhasilan mengembangkan desa wisata.

“Indonesia ini memegang peranan penting karena Indonesia yang pertama adalah menjadi co-chair atau co-lead untuk komite sustainable and inclusivf Tourism Development, di mana kita secara konkret akan menceritakan keberhasilan kita dan  akan juga menceritakan rencana kita untuk desa wisata.  Jadi desa wisata ini salah satu jenis konkrit bentuk konkrit dari pariwisata yang sangat memegang prinsip sustainable dan inclusivity”, ujar Martini

Martini Mohamad Paham lebih lanjut menjelaskan, pada ATF 2024 ini Indonesia juga menjadi lead country koordinator untuk Mutual Recognition Arrangement on Tourism Professionals (MRA-TP) dimana Indonesia mendorong adanya regional secretariat di Indonesia. Selain itu menurut Martini, Indonesia juga berupaya memberikan masukan untuk ASEAN Stategic Plan 2025 and beyond, dimana Indonesia akan mendorong value blue, green and silver economy.

ATF 2024 mengusung tema “Quality and Responsible Tourism – Sustaining ASEAN Future”. Laos sebagai tuan rumah ingin menunjukkan komitmennya dalam berkontribusi lebih banyak kepada komunitas dan terhadap keberlanjutan pariwisata di wilayah ASEAN.

Dalam ATF 2024 akan ada sederet agenda pertemuan, baik pertemuan antar menteri pariwisata dari seluruh negara anggota ASEAN, maupun dengan negara mitra seperti ASEAN Plus Three, India, Rusia, hingga ASEAN NTO’s (National Tourism Organisation).

Selain itu, ada pula peluncuran Visit Laos 2024, serta Travex (Travel Exchange) 2024 yang merupakan platform bisnis (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN.

Read 155 times Last modified on Wednesday, 17 January 2024 21:26