Wednesday, 17 January 2024 21:26

Nilai Transaksi pada TRAVEX 2024 ditargetkan naik 20-30 persen

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Asean Tourism Forum 2024 menggelar Travex (Travel Exchange) pada 24 hingga 26 Januari 2024. TRAVEX adalah forum business to business (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN. Pada penyelenggaran Travex 2023 Jogya, nilai transaksi business to business (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN tercatat sekitar 55 - 60 juta dolar AS.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno dalam The Weekly Brief wih Sandi Uno, di Jakarta Senin (15/01/2024) berharap, pada TRAVEX tahun ini ada peningkatan nilai transaksi sebesar 20- 30 persen dari penyelenggaran Asean Tourism Forum  sebelumnya di Jogya.

“Target Transaksi sedang dihitung, akan final sebelum kita berangkat, tapi kita harapkan ada peningkatan 20-30 persen dibandingkan ATF Jogya”, ujar Sandiaga Uno.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Yohanes de Brito Titus Haridjati menjelaskan, pada TRAVEX 2024, Kemenparekraf akan membawa 13 perwakilan dari tour agent/travel operator untuk berpartisipasi dalam Travex 2024. Dimana Borobudur sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) dipilih sebagai tema utama dan Desa Wisata Candirejo sebagai destinasi utama yang akan ditawarkan kepada para buyers.

Travex 2024 diproyeksi akan dihadiri sekitar 700 hingga 1.000 pengunjung dari berbagai kalangan termasuk investor. “Jadi harapannya kita bisa membukukan transaksi secara optimal,” ujar Titus.

ATF didirikan pada 1981 dengan beranggotakan 10 negara anggota ASEAN mencakup Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Setiap tahunnya, penyelenggaraan ATF dirotasi di antara negara-negara anggota.

Tahun 2023, Indonesia sukses memegang keketuan ASEAN Tourism Forum yang diadakan di Yogyakarta. Banyak sekali pemikiran-pemikiran baru termasuk juga di dalamnya mengenai quality and sustainability, serta desa wisata. Dan beberapa dari destinasi di Indonesia mendapat penghargaan seiring dengan itu Indonesia melalui Kemenparekraf berkesempatan meluncurkan "Borobudur Trail Civilization".

Read 197 times