Tuesday, 23 January 2024 04:07

Menparekraf: Karisma Event Nusantara (KEN) Berdampak positif dan signifikan bagi Keberlangsungan Perekonomian Regional dan Nasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno mengatakan pelaksanaan Karisma Event Nasional (KEN) memiliki dampak positif yang signifikan bagi keberlangsungan perekonomian regional dan nasional. Hal tersebut disampaikan Sandiaga Uno dalam wawancara khusus kepada RRI Voice of Indonesia, di Jakarta, Senin (22/01/2024). Menurut Sandiaga Uno, pelaksanaan KEN 2023 berkotribusi terhadap peningkatan produksi barang dan jasa mencapai 212 Miliar Rupiah, Produk Domestik Bruto (PDB) mencapai 200 Miliar Rupiah dengan nilai perputaran uang sebesar 12,4 Triliun Rupiah.

 

Pelaksanaan KEN tahun 2023 berkontribusi nilai produksi dan barang jasa output Indonesia 212 miliar rupiah dan PDB hampir mencapai 200 miliar nilai perputaran uang dengan 7,4 juta pengunjung mencapai 12,4 triliun”, ujar Sandiaga Uno.

 

Sandiaga Uno lebih lanjut menyampaikan dampak positif penyelenggaraan KEN 2023 tidak berhenti di situ saja, namun juga mampu meningkatkan omzet 11.399 pelaku usaha yang terlibat dalam acara. Berdasarkan Hasil face to face interview, Sandiaga Uno mengungkapkan KEN 2023 berhasil menambah omzet 76,7 persen pelaku usaha hingga lebih dari 10 juta Rupiah. Jika dibandingkan dengan hari biasa, tambahan omzet tersebut meningkat 50 hingga 100 persen.

 

Dalam program KEN tahun ini terdapat 110 event yang terdiri dari 100 event unggulan dan top 10 event. Event-event tersebut sudah terkurasi dari total 252 event yang diusulkan oleh pemerintah daerah. Kurasi dilakukan oleh para kurator yang terbagi ke dalam lima bidang, yakni: Ide dan Inovasi, Pemasaran dan Strategi Komunikasi, Manajemen Kegiatan, Manajemen Keuangan, dan Analisis Dampak.

 

Sandiaga Uno kemudian menjelaskan setelah lolos kurasi KEN, event-event daerah mendapatkan dukungan dan pendampingan. Menurutnya, bentuk konkret dukungan Kemenparekraf berupa promosi secara massif, bantuan sarana dan prasarana event, dukungan pendanaan dan kehadiran Kemenparefkraf secara langsung saat event berlangsung. Dari segi UMKM, sandiaga Uno lebih lanjut menjelaskan, Kemenparekfraf akan memberikan pelatihan, pemasaran, dan permodalan dalam bingkai Public Privat Patnership (P3).

 

“Kemenparekraf memobilisasi juga dari segi UMKM dan pelatihan pemasaran dan permodalan, inilah konsep P3 yang sedang kita dorong yaitu pelatihan pemasaran dan permodalan dalam bingkai Public Privat Patnership”, ujar Menparekraf.

 

Program KEN 2024 akan diluncurkan secara resmi pada Sabtu (27/1/2024) di Sasono Langen Budoyo, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta. Untuk peluncuran program KEN 2024 di TMII, selain peluncuran secara resmi, Kemenparekraf juga akan menghadirkan KEN festival yang menggabungkan lima format kegiatan KEN terdiri dari budaya, karnaval, seni, musik juga kuliner. KEN Festival ini akan berlangsung dari pukul 10.00 sampai 18.00 WIB dan terbuka untuk umum.

 

Read 165 times Last modified on Tuesday, 23 January 2024 04:19