Wednesday, 24 January 2024 13:50

Debat Terbuka DK PBB, Menlu RI : Gencatan Senjata akan Menjadi Game Changer

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Press Briefing Menlu RI Open Debate DK PBB Mengenai Palestina 23 Januari 2023

 

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mendorong terciptanya gencatan senjata segera dan permanen di Gaza. Menurutnya, gencatan senjata akan mengubah banyak hal dalam konflik yang terjadi disana.

 

“Ini akan menjadi game changer untuk segala hal. Yang paling penting, ini akan menyediakan ruang untuk mengatasi situasi kemanusiaan di Gaza, memulai upaya rekonstruksi paska-konflik, dan proses solusi dua negara,“ kata Menlu Retno dalam Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat, pada Selasa (23/1/2024).

 

Dirinya pun menegaskan pentingnya untuk terus mendukung upaya Senior Humanitarian and Reconstruction Coordinator untuk membuka jalan bagi pengiriman bantuan kemanusiaan di Gaza.

 

Menlu Retno juga menekankan agar Palestina segera diterima sebagai anggota penuh PBB. Menurutnya, upaya ini merupakan faktor penting untuk mewujudkan Solusi Dua Negara.

 

“Ini penting agar dapat segera dimulai proses yang adil dan seimbang untuk mewujudkan solusi dua negara serta mencegah kekejaman lebih jauh oleh Israel,” katanya.

 

Lebih lanjut, Menlu Retno juga menyoroti soal pasokan senjata ke Israel. Ia berpendapat, pasokan senjata itu harus dihentikan karena digunakan untuk membunuh rakyat sipil yang tidak bersalah.

 

“Israel harus bertanggung jawab atas aksinya, termasuk kekejaman yang mereka lakukan di Gaza,” jelasnya.

 

Dalam kesempatan itu, dirinya pun menegaskan bahwa tidak ada negara yang diatas hukum. Untuk itu, Indonesia akan menyampaikan pernyataan lisan untuk memberikan advisory opinion kepada Mahkamah Internasional atas pertanyaan yang diajukan oleh SMU PBB.

 

"Indonesia akan mengambil semua langkah yang memungkinkan untuk terus mendukung Palestina," tutupnya.

Read 117 times