Wednesday, 24 January 2024 13:54

Menlu Retno Bertemu Menlu Rusia Bahas Kerja Sama Ekonomi

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri Debat Terbuka DK PBB pada Selasa (23/1/2024) di NY

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menghadiri Debat Terbuka DK PBB pada Selasa (23/1/2024) di Markas Besar PBB, New York (Foto: Kemlu RI)

 

VOInews, Jakarta: Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di sela-sela pertemuan Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB, melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Rusia, Norwegia dan Presiden Palang Merah Internasional (ICRC). Menlu Retno menyampaikan pertemuan bilateral tersebut khusus membahas situasi di Gaza dan mendorong segera melakukan gencatan senjata.


“Pertemuan bilateral, utamanya membahas situasi di Gaza, termasuk mendorong gencatan senjata segera dan pengiriman bantuan kemanusiaan,” kata Menlu Retno dalam keterangan resmi Kemlu RI yang diterima pada Rabu pagi (24/1/2024) di Jakarta.


Selain soal Gaza, kedua negara juga membahas kerja sama ekonomi. Menurut Retno, Indonesia dan Rusia berkomitmen untuk mempercepat negosiasi Perjanjian Perdagangan Bebas (FTA) antara Indonesia dengan Uni Ekonomi Eurasia (Eurasian Economic Union).


Sementara itu, dalam pertemuan bilateral dengan Norwegia, kedua negara membahas implementasi kerja sama Just Energy Transition Partnership (JETP). Menlu Retno menyampaikan Norwegia berkomitmen memberikan dana sebesar USD250 juta (Rp3,9 miliar) melalui Norfund.


“Saya juga apresiasi Norwegia yang mengakui upaya Indonesia dalam mengurangi deforestasi dan penggunaan lahan,” ucapnya.


Dalam pertemuan dengan Palang Merah Internasional (ICRC), Menlu Retno menyampaikan keduanya membahas upaya kemanusiaan di Myanmar dan Afghanistan.


Selain bertemu dengan ketiga menlu tersebut, Menlu Retno menyebutkan dirinya melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Lebanon, Aljazair, Palestina, Austria dan Yordania.

Read 115 times