Monday, 29 January 2024 21:06

PMI Kawal Ketat Proses Bantuan Kemanusiaan Masuk Gaza

Written by  Ranov/Andy Romdoni
Rate this item
(1 Vote)

 

 

VOInews, Jakarta: Tim Palang Merah Indonesia (PMI) berkoordinasi dengan Bulan Sabit Merah Mesir dan Bulan Sabit Merah Palestina untuk mengawal proses pengadaan bantuan kemanusiaan untuk rakyat Palestina.

 

“Kami memahami proses pengadaan ini sangat sulit karena banyak bantuan lain yang juga tengah diproses sehingga membuat proses pengadaan memerlukan waktu cukup lama,” kata Kepala Tim Kemanusiaan PMI Arifin Muh. Hadi dalam keterangan yang diterima pada Senin (29/1/2024) di Jakarta.

 

Sementara itu, CEO Bulan Sabit Merah Mesir Ramy El Nazer mengatakan, bantuan yang sudah siap dikirimkan mengalami hambatan untuk masuk ke Gaza. Menurutnya, hal itu disebabkan adanya pembatasan dan proses pemeriksaan bantuan.

 

"Berbagai bantuan yang sudah siap untuk dikirimkan ke Gaza pun mengalami kesulitan masuk ke wilayah Gaza dikarenakan adanya pembatasan jenis bantuan dan proses screening bantuan yang memerlukan waktu cukup lama," jelas Ramy El Nazer.

 

Ia juga mengatakan penetapan Standar Operational yang tidak konsisten menjadi kendala besar untuk membawa masuk bantuan ke Gaza.

 

“Pembatasan jenis bantuan dan penerapan SOP yang berubah-ubah dan tidak konsiten menyulitkan kami mendorong bantuan masuk ke Jalur Gaza,” Kata Ramy El Nazer.

 

Ramy El Nazer menambahkan, proses screening bantuan yang sangat ketat yang dilakukan oleh Pihak Militer Israel serta lamanya waktu tunggu antrian di wilayah perbatasan hingga 25 hari pengecekan membuat bantuan khususnya makanan menjadi kadaluarsa.

 

Bantuan kemanusiaan yang saat ini tengah diproses adalah bantuan logistik pangan, minuman, selimut, pakaian anak dan bayi balita, obat-obatan, peralatan kesehatan dan ambulans, serta hygiene kits.

Read 139 times