Tuesday, 13 February 2024 07:56

PPLN Deen Haag Gelar Pemilu 2024 Serentak di Broodfabriek Rijswik, Belanda

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews.id Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Den Haag 2024 telah menyelenggarakan proses pemungutan suara di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) yang berlokasi di De Broodfabriek, Rijswijk, Belanda. Pemungutan suara di TPSLN merupakan salah satu dari metode pemungutan suara yang diadakan oleh PPLN Den Haag. Sebelumnya metode Pos telah  berlangsung sejak 10 Januari 2024.

 

Proses pemungutan suara di Belanda mengakomodasi sejumlah 13.162 pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DPTLN), dengan rincian 11.849 pemilih melalui TPS dan 1.313 pemilih melalui Pos. Selain DPTLN, PPLN Den Haag juga melayani sekitar 1.671 pemilih yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN), dan Daftar Pemilih Khusus Luar Negeri (DPKLN).

 

Untuk mengantisipasi tingginya animo masyarakat, PPLN menyediakan 7 TPSLN yang seluruhnya terkonsentrasi di gedung De Broodfabriek, Rijswijk, serta 2 TPSLN melalui Pos. Selain itu, PPLN berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag. Acara juga diramaikan dengan  bazaar dan panggung hiburan bagi masyarakat, baik pemilih maupun para pengantar atau keluarganya.

 

Proses pemungutan suara dilaksanakan dengan dukungan keterlibatan 55 (lima puluh lima) anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara Luar Negeri (KPPSLN), dan 14 (empat belas) anggota Satuan Perlindungan Masyarakat. Turut membantu dalam proses pemungutan suara dari unsur Panitia Pengawas Pemilu Den Haag, segenap jajaran Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI Den Haag), Kepolisian RI, Kementerian Luar Negeri RI, dan Ditjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM .

 

Untuk transparansi pelaksanaan pemungutan suara, PPLN Den Haag juga mengundang sejumlah perwakilan saksi yang berasal dari unsur partai politik peserta pemilu, dan perwakilan Tim Pemenangan Pasangan Calon Presiden Dan Wakil Presiden.

Rangkaian Pemilu Indonesia 2024 di Belanda akan dilanjutkan dengan perhitungan suara untuk TPSLN yang dijadwalkan pada 14 Februari 2024. Pada 17 Februari 2024 akan dilakukan penghitungan surat suara yang masuk melalui pos dan  rekapitulasi suara yang keduanya bertempat di KBRI Den Haag. (Biro Pers Media & Informasi (BPMI) Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID)PPI Dunia )

Read 110 times Last modified on Tuesday, 13 February 2024 09:22