Tuesday, 13 February 2024 08:57

WNI di Finlandia-Estonia Ikuti Pemilu di Suhu Dingin

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

VOInews, Helsinki: Ratusan warga negara Indonesia di Finlandia dan Estonia melakukan pencoblosan pada Sabtu (10/2/2024). Mereka memilih di tempat pemungutan suara luar negeri (TPSLN) 001, yang terletak di Kedutaan Besar RI (KBRI) Helsinki. Mereka mencoblos di tengah musim dingin Eropa, dengan suhu mencapai -10 derajat Celcius.

 

Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Helsinki, Ari Nursenja Rivanti, mengapresiasi antusiasme warga yang datang untuk mencoblos. Menurutnya, partisipasi ini bukan hanya menunjukkan penggunaan hak pilih, tetapi pernyataan kuat akan dedikasi mereka terhadap nilai-nilai demokrasi.

 

“Situasi pemilu di TPSLN 001 KBRI Helsinki berlangsung kondusif dan aman. Kami sangat mengapresiasi partisipasi warga negara Indonesia yang telah datang untuk menggunakan hak suaranya dalam kondisi cuaca yang tidak mudah,” ujar Ari seperti dikutip rilis Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Dunia.

 

Sebanyak 258 orang datang langsung ke TPS, yang dibuka sejak pukul 08.00 hingga 18.00 waktu setempat. Sementara itu, 324 lainnya memilih melalui pos. PPLN Helsinki hanya menggunakan metode memilih langsung di TPS dan melalui pos, yang mereka nilai lebih efektif dan aman.

 

"Khusus untuk wilayah Finlandia dan Estonia, berdasarkan Peraturan KPU Nomor 25 (Tahun 2023)... dan setelah mempertimbangkan kondisi objektif dan logistik yang ada, pemungutan suara bagi WNI hanya dapat dilaksanakan melalui dua metode, yakni pos dan (langsung di) TPS,” urai Ari.

 

Tercatat ada pemilih dari Oulu, kota yang terletak 606 kilometer di utara Helsinki atau enam jam perjalanan. Selain itu, belasan pemilih datang dari Tallin, ibu kota Estonia, menyeberangi Teluk Finlandia selama dua jam lewat kapal. 66,3% pemilih terdaftar memilih pada Pemilu 2024, meningkat bila dibandingkan Pemilu 2019.

 

PPI Dunia melaporkan, beberapa warga juga ada yang  menjual berbagai panganan khas Indonesia di sekitar TPS,  seperti sate ayam, rendang, bakso, hingga kue cucur.

 

Proses penghitungan suara di PPLN Helsinski akan dilakukan serentak dengan Indonesia pada 14 Februari 2024. Ari menjamin penghitungan akan berlangsung dengan transparan dengan didukung keamanan maksimal melalui kamera CCTV. Ari mengklaim bahwa hal ini menegaskan komitmen PPLN Helsinki terhadap pemilu yang jujur dan adil.

 

“Keamanan dan integritas pemilihan kami utamakan untuk memastikan kepercayaan Anda terjaga dalam setiap langkah pemungutan suara,” tandas Ari. (Biro Pers Media & Informasi (BPMI) Perhimpunan Pelajar Indonesia Dunia (PPID)/Rama/Nouva)

Read 139 times Last modified on Tuesday, 13 February 2024 13:39