Tuesday, 27 February 2024 13:20

F1 Powerboat Danau Toba 2024 diharapkan meningkatkan kunjungan wisman sebesar 10-15 persen

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

VOInews, Jakarta: Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 (F1H20) akan kembali digelar pada 1 hingga 3 Maret 2024 di Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, Sumatra Utara. Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf, Vinsensius Jemadu saat pers briefing di Jakarta, Senin (26/02/2024) optimistis dampak ekonomi penyelengaran event F1 Powerboat Danau Toba 2024 naik signikan dibandingkan tahun lalu. Vinsensius Jemadu mengatakan tahun lalu, dampak ekonomi event tersebut sebesar 391 Miliar Rupiah, maka tahun ini diharapkan naik menjadi 500 Miliar Rupiah. Tak hanya itu, melalui event F1H20, Vinsensius juga berharap terjadi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara 10 hingga 15 persen.

“Untuk wismannya sendiri kita memang kita harapkan ada peningkatan 10 hingga 15 persen karena ini juga memang kita sport tourism event yang kelas internasional dan tidak banyak negara yang bisa menyelenggarakan ini, sehingga kita mengharapakan ada peningkatan 10 persen wisatawan mancanegara.”, ujar Vinsensius.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney, Maya Watono, mengungkapkan rasa bangga atas terpilihnya Indonesia, khususnya Danau Toba sebagai tuan rumah event water sport internasional yang sangat bergengsi untuk kedua kalinya.

“Belajar dari tahun lalu, ada dua improvement yang kita lakukan. Pertama, melakukan pembelajaran mengenai cuaca, sehingga kali ini race akan dilaksanakan di pagi hari sebelum lunch time supaya ombak ini lebih tenang. Kemudian pada siang hari kita akan mengadakan kejuaraan nasional Aquabike Jetski,” kata Maya.

Kejuaraan nasional Aquabike Jetski ini menjadi event road to Aquabike Jetski World Championship. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat dijaring bibit-bibit atlet nasional yang unggul.

Selain main event F1 Powerboat, Maya mengatakan, pihaknya akan mengusung konten budaya lokal dengan menghadirkan Solu Bolon Competition. Solu Bolon adalah alat transportasi masyarakat setempat untuk menghubungkan antar kampung di sekitar Danau Toba. Event ini akan menjadi kompetisi Solu Bolon terbesar di Indonesia.

“Dimana delapan kabupaten memperebutkan piala bergilir dan juga ada performance budaya yang ditampilkan di tahun ini yang pastinya lebih spektakuler dibandingkan dengan tahun lalu,” kata Maya.

Direktur Operasi ITDC, Troy Reza Waroka, mengatakan persiapan F1 Powerboat sudah hampir 100 persen. Pembalap dan kru sudah mulai berdatangan melalui pintu Bandara Internasional Silangit. Untuk kesiapan race sendiri dari sisi logistik sudah rampung. Dan keterlibatan aktif masyarakat juga menjadi agenda utama dalam penyelenggaraan F1 Powerboat.

“Karena akan banyak rangkaian acara kebudayaan yang melibatkan masyarakat sekitar. Tentu mereka menyambut dengan sangat antusias acara ini. Kita harapkan persiapan yang dilakukan sudah hampir sempurna semua dan dengan dukungan seluruh pihak, insya Allah hasilnya akan baik,” kata Troy.

.

Read 161 times