Monday, 04 March 2024 22:15

Dampingi Menparekraf Dialog dengan Diaspora, Dubes RI Tegaskan Komitmen Pengembangan Industri Kreatif di Jepang

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Uno (kanan) dan Duta Besar RI untuk Jepang, Heri Akhmadi (kiri) saat bertemu perwakilan diaspora Indonesia di Jepang, Senin (4/3/2024). (Foto: KBRI Tokyo)

 

VOInews, Jakarta: Diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan kerja sama Indonesia – Jepang di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Hal itu disampaikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi, di Wisma Duta, Senin (4/3/2024), saat mendampingi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam pertemuan dengan perwakilan diaspora Indonesia di Jepang.

 

“Diaspora Indonesia di Jepang berperan penting dalam penguatan hubungan Indonesia – Jepang. Pertemuan ini menjadi kesempatan berharga untuk berbagi gagasan, pengalaman, dan inisiatif yang dapat memajukan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia di Jepang,” ujar Dubes Heri dalam keterangan yang diterima di Jakarta.

 

Ia menyampaikan optimisme kolaborasi antara pemerintah, perwakilan diaspora, dan pelaku bisnis, akan menjadi kunci kesuksesan dalam memperluas pasar dan meningkatkan promosi pariwisata Indonesia di Jepang.

 

Baca juga: Menparekraf Ajak Diaspora di Melbourne Dukung Pariwisata dan Industri Kreatif Indonesia

"Saat ini KBRI Tokyo tengah mendorong didirikannya entitas sertifikasi Halal Indonesia di Jepang. Ini juga untuk mendukung promosi produk kuliner halal Indonesia di Jepang bekerja sama dengan berbagai elemen masyarakat Indonesia di Jepang,” katanya.

 

Kepada perwakilan diaspora Indonesia, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi peran diaspora di Jepang dalam mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

 

“Kreativitas dan kolaborasi akan mengangkat pariwisata dan ekonomi kreatif kita. Tidak hanya Bali tetapi juga destinasi wisata prioritas lainnnya. Saya yakin hubungan Indonesia - Jepang bisa semakin kuat," tegas Menparekraf Sandiaga.


Pertemuan Menparekraf, Dubes RI dan diaspora berlangsung santai dan interaktif. Wakil Ketua Umum PPI Jepang Prima Gandi berharap pemerintah dapat terus mendukung upaya diaspora dalam mengenalkan potensi Indonesia di Jepang.

 

"Kami berharap terus mendapat dukungan dalam promosi budaya Indonesia, karena kami kerap terlibat aktif dalam berbagai festival di Jepang di antaranya di sekolah Jepang. Kesempatan itu kami gunakan untuk ajang promosi Indonesia," kata Prima.

 

Pertemuan tersebut dihadiri perwakilan diaspora Indonesia di Jepang yang yang berasal dari berbagai unsur, termasuk kelompok agama, profesi, perempuan dan komunitas lainnya. Di antara diaspora yang hadir adalah Keluarga Masyarakat Islam Indonesia (KMII), Keluarga Masyarakat Kristen Indonesia (KMKI), Asosiasi Pengusaha Indonesia di Jepang (APIJ), Indonesia Community in Japan (ICJ) serta Persatuan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ). Hadir pula perwakilan dari BUMN Indonesia seperti BNI Tokyo, Pertamina dan Garuda Indonesia di Tokyo. (Post: Rama)

Read 67 times