Thursday, 07 March 2024 20:49

Indonesia Kirim 10 Juta Dosis Vaksin Polio ke Afghanistan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani bersama Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melepas bantuan vaksin polio ke Afghanistan pada Kamis 7 Maret 2023.(Foto: Kemlu RI)

 

VOInews, Jakarta: Pemerintah Indonesia melalui Lembaga Dana Kerja Sama Pembangunan Internasional (LDKPI) mengirimkan bantuan 10 juta dosis vaksin polio bOPV ke Afghanistan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyampaikan bahwa situasi kemanusiaan di Afghanistan masih belum membaik. 
 
 "UN World Food Programme memperkirakan 23,7 juta rakyat Afghanistan membutuhkan bantuan kemanusiaan," kata Retno dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta pada Kamis (7/3/2024). 
 
Retno juga mengatakan kondisi sistem kesehatan yang tidak memadai menyebabkan masyarakat rentan terpapar penyakit menular. Ia pun melaporkan, Afghanistan masuk kategori negara endemik polio..
 
“Di tengah situasi ini, tentunya kita wajib membantu. Dan ini juga berdasarkan permintaan dari pihak Afghanistan untuk dapat menyumbangkan vaksin polio, karena kalau kita bicara mengenai vaksin polio, saya kira kita termasuk yang paling maju. Kita sudah memproduksi dan mengekspor ke banyak negara,” kata Retno.   
 
Retno juga mengungkapkan, hibah vaksin polio yang diproduksi oleh Bio Farma ini menjadi bagian dari komitmen Indonesia kepada rakyat Afghanistan.   
 
“Sekali lagi, kepentingan rakyat selalu menjadi prioritas bagi kita. Dan insyaallah manfaatnya banyak dan dapat dirasakan langsung oleh rakyat Afghanistan yang memerlukannya,” ucap Retno.   
 
Dalam kesempatan yang sama, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan bantuan 10 juta dosis vaksin polio merupakan dukungan konkret terhadap program vaksinasi Afghanistan yang akan menjangkau 3,3 juta anak-anak usia di bawah tiga tahun. Ia juga mengatakan, pengangkutan dan distribusi vaksin akan dilakukan oleh UNICEF berkoordinasi dengan pihak Afghanistan. 
 
Sri Mulyani menjelaskan, LDKPI atau Indonesian AID didirikan dengan semangat solidaritas sesama negara berkembang dan komitmen pada target-target global seperti SDGs.(VOI/RANOV/ANDY)
Read 76 times