Monday, 11 March 2024 01:55

Timor-Leste Targetkan Keanggotaan Penuh ASEAN pada 2025

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

VOInews, Jakarta: Pemerintah Timor-Leste menargetkan pada tahun 2025 Timor-Leste dapat menjadi anggota penuh ASEAN. Menteri Perdagangan dan Industri Timor-Leste Filipus Nino Pereira, mengatakan dengan target tersebut, seluruh kementerian yang terkait dengan pilar ASEAN bekerja dan berkoordinasi agar target 2025 tersebut dapat dicapai.

“Dari pemerintah menargetkan tahun depan. Jadi beberapa kementerian terkait dengan pilar ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan, sekarang kita saling berkoordinasi antar kementerian, berkomunikasi untuk mempercepat Timor-Leste ke ASEAN,” katanya usai bertemu dengan sejumlah pengusaha Indonesia, di Jakarta, Minggu (10/3/2024).

Dirinya pun mengapresiasi negara anggota ASEAN yang memberikan dukungan penuh terhadap keanggotaan Timor-Leste di ASEAN. Oleh karena itu koordinasi dilakukan oleh jajaran pemerintah Timor-Leste hingga ke tingkat rendah untuk memastikan target Presiden Ramos Horta tersebut dapat tercapai.

“Kita bersyukur bahwa semua anggota ASEAN mereka sangat mendukung penuh Timor-Leste untuk menjadi bagian untuk mengintegrasikan ekonomi secara regional di ASEAN. Jadi pada pertemuan tingkat technical meeting nya kemudian di tingkat politik berpartisipasi secara aktif. Kita juga didukung oleh Presiden Ramos Horta beliau juga menargetkan tahun 2025 Timor-Leste harus menjadi anggota penuh ASEAN pada saat Presidensi Malaysia,” katanya.

KTT ASEAN di Phnom Penh pada November 2022 telah menyetujui masuknya Timor-Leste menjadi anggota ASEAN ke-11. Pada Februari 2023, ASEAN Coordinating Council (ACC) tingkat Menteri Luar Negeri ASEAN telah mengadopsi Pedoman Pelaksanaan Status Pengamat yang diberikan kepada Timor-Leste.

Sejak saat itu, Timor-Leste selalu hadir dalam kegiatan ASEAN dengan status pengamat (observer). Timor-Leste akan memiliki keanggotaan penuh di ASEAN setelah sejumlah kriteria dapat dipenuhi, diantaranya penyesuaian aturan nasional terkait kesepakatan dan dokumen ASEAN serta pembentukan misi diplomatik negara tersebut untuk ASEAN.

Read 118 times Last modified on Wednesday, 13 March 2024 20:51