Monday, 11 March 2024 06:54

Ramadhan Tiba, Masjid Istiqlal Fasilitasi Jamaah Disabilitas

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar saat menemui wartawan usai menghadiri acara peluncuran Program Buka Puasa dan Hibah Kurma di Jakarta, Minggu (10/3).(Foto:VOI/RANOV)

 

VOInews, Jakarta : Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar melaporkan kesiapan Masjid Istiqlal dalam menyambut para jamaah selama bulan Ramadhan. Nasaruddin mengatakan pihaknya telah menyiapkan berbagai fasilitas seperti air minum gratis hingga fasilitas yang ramah bagi jamaah penyandang disabilitas.

 

“Kita fasilitasi, air minum, kita punya pabrik air minum gratis, jadi kalau ke Istiqlal gak usah bawa air minum karena kita punya pabrik air minum tersendiri. Dan itu, gratis untuk seluruh masyarakat. Istiqlal sangat bersahabat dengan kaum difabel kita fasilitasi, kemudian tuna netra kita fasilitasi, bahkan di shaf pertama, ada wudhunya tersendiri, ada liftnya tersendiri lalu ada kursi rodanya juga tersendiri,” kata Nasaruddin kepada wartawan pada Minggu (10/3).

 

Nasaruddin juga mengatakan, tak hanya menyediakan fasilitas bagi penyandang disabilitas, Masjid Istiqlal pun menyediakan tempat bermain anak yang lengkap untuk menunjang para orang tua yang membawa anak agar nyaman beribadah.

 

“Kita siapkan mainan anak-anak, mungkin bapak-ibunya ingin itikaf di atas. Lengkap sekali permainan anak-anak di bawah itu. Anaknya main di bawah kemudian orang tuanya ngaji di atas,” ungkap Nasaruddin.

 

Selain itu, pihaknya selama bulan Ramadhan akan mengadakan berbagai acara-acara seperti menampilkan Qoriah Internasional dan Muazin dengan suara merdu untuk mengumandangkan Adzan dari Masjid Istiqlal. Lalu, dari segi keamanan, Istiqlal memiliki 160 CCTV yang dapat mendeteksi identitas hanya dari wajah seseorang.(VOI/RANOV/ANDY)

Read 200 times