Thursday, 06 September 2018 10:05

Indonesia Dan Vietnam Siapkan Rencana Aksi 2019-2023

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
Foto : VOI Foto : VOI

 

Setelah berhasil melaksanakan Rencana Aksi untuk tahun 2014 hingga 2018 di berbagai bidang, Indonesia dan Vietnam kini tengah menyiapkan Rencana Aksi berikutnya untuk tahun 2019 hingga 2023. Rencana aksi tersebut meliputi dialog politik dan diplomatik, kerjasama ekonomi, kerja sama keamanan dan pertahanan, serta promosi pariwisata, pertukaran budaya dan hubungan antar-masyarakat atau people to people contact. Rencananya Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) dalam waktu dekat akan melakukan kunjungan bilateral ke Vietnam untuk membahas lebih lanjut mengenai Rencana Aksi untuk tahun 2019 hingga 2023 bersama Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc. Hal tersebut disampaikan Duta Besar Vietnam untuk Indonesia, Pham Vinh Quan dalam peringatan Hari Nasional Vietnam yang digelar di Jakarta, Selasa malam, 4 September 2018.

“Kami mengembangkan kerja sama yang erat di berbagai bidang dan koordinasi dalam isu-isu internasional dan regional utama dan sekarang kami sedang menunggu Rencana Aksi berikutnya untuk tahun 2019 hingga 2023 yang akan ditandatangani selama kunjungan Presiden Joko Widodo ke Vietnam pada awal September. Kedua pihak bertekad untuk menetapkan target untuk meningkatkan perdagangan bilateral menjadi 10 miliar dolar AS pada tahun 2020. Kunjungan kenegaraan pertama ke Vietnam oleh Presiden Joko Widodo, bersama dengan kunjungan mendatang ke Indonesia oleh Perdana Menteri Vietnam pada bulan Oktober tahun ini akan menjadi kekuatan pendorong kerja sama bilateral kami dan akan menghasilkan suatu yang penting bagi kedua negara dalam waktu dekat.”

Lebih lanjut Duta Besar Pham Vinh Quan mengatakan Vietnam dan Indonesia memiliki sejarah hubungan yang sangat dekat dan panjang. Kedua negara memiliki kesamaan latar belakang budaya, sejarah perjuangan kemerdekaan, dan koordinasi pandangan umum di berbagai forum regional dan internasional. Hal tersebut merupakan fondasi penting dari berdirinya Kemitraan Strategis Vietnam Indonesia, yang ditandatangani pada tahun 2013. Sebuah kemitraan  yang menandai era baru peningkatan kerjasama kedua negara di berbagai bidang. (VOI/Rezha)

Read 456 times Last modified on Thursday, 06 September 2018 13:59