Friday, 16 November 2018 09:54

Brasil Nyatakan Kesiapan Meningkatkan Kerjasama Bilateral dengan Indonesia

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Duta Besar Brasil untuk Indonesia Ruben Antonio Correa Barbosa, dalam sebuah seminar di Jakarta Kamis menyatakan kesiapan Brasil untuk terus meningkatkan kerjasama bilateral dengan Indonesia. Ia mengatakan, Indonesia diprediksi akan mengalami peningkatan jumlah penduduk hingga lebih dari 300 juta jiwa. Hal ini menurutnya memberikan kesempatan bagi Brasil untuk bekerjasama dalam menjawab tantangan penyediaan makanan bagi seluruh rakyat Indonesia. Ia pun menyatakan kesiapan Brasil untuk mengembangkan kerjasama pertahanan dengan Indonesia.

“Saya rasa poin kedekatan lain antara Indonesia dan Brasil adalah dengan melihat bahwa populasi di Indonesia akan mencapai 340 juta jiwa pada beberapa dekade mendatang dan ruang untuk produksi makanan tidak akan sebesar itu. Brasil siap membantu. Kami sudah memiliki kerja sama yang cukup besar di bidang pertahanan, kami akan senang untuk dikembangkan. Bagaimanapun, prospeknya bagus. Saya pikir setelah 6-5 tahun kami memiliki banyak hal untuk ditunjukkan dan ada landasan kuat untuk harapan yang baik dalam hubungan untuk tahun-tahun mendatang.”

Total nilai perdagangan Indonesia dan Brasil di tahun 2017 mencapai 3,12 miliar dolar AS. Pada paruh pertama tahun 2018, perdagangan dua arah mencapai 1,33 miliar dolar AS. Selain itu, pada awal tahun 2018, Kamar Dagang Indonesia (KADIN) membentuk komite khusus untuk meningkatkan hubungan perdagangan dengan Brasil. Dengan Produk Domestik Bruto masing-masing sebesar 2,05 triliun dolar AS dan 1,01 triliun dolar AS, Brasil dan Indonesia masih memiliki ruang peningkatan kerjasama bilateral yang belum dimanfaatkan. (ndy)

Read 424 times Last modified on Friday, 16 November 2018 12:21