Friday, 30 November 2018 10:32

Perancis Dukung Indonesia Tingkatkan Kerja Sama dengan Uni Eropa

Written by 
Rate this item
(0 votes)
FOTO VOI FOTO VOI

 

Menteri Muda di Kementerian Eropa dan Luar Negeri Republik Perancis, Jean-Baptiste Lemoyne mendukung penuh upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dalam meningkatkan kerja sama antara Uni Eropa dan Indonesia. Lemoyne juga mendukung kerja sama antara Uni Eropa negara-negara di kawasan Asia Tenggara (ASEAN). Penegasan itu disampaikan Jean-Baptiste Lemoyne saat memberikan keterangan pers di Institut Perancis, Jakarta pada hari Kamis (29/11).

“Sejauh mana Perancis mendukung kerja sama antara Indonesia dan Uni Eopa? Itu sangat penting, justru karena kami tidak mendukung bilateralism atau pembicaraan hanya antara dua atau empat mata, yang diutamakan itu dialog atau diskusi antara Uni Eropa dan Indonesia, dan mungkin ke depan itu lebih baik lagi kalau ada kesepakatan komersial atau perdagangan antara dua blok yaitu Uni Eropa dan ASEAN. Kalau menuju ke situ berarti saling membuka pasar yang sangat luas dengan ratusan juta konsumen.”

Lebih lanjut, Jean-Baptiste Lemoyne menjelaskan kerja sama antara ASEAN dan Uni Eropa dapat membantu menyelesaikan masalah perang dagang yang terjadi antara Tiongkok dan Amerika Serikat. Jean-Baptiste Lemoyne meyakini upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia dan Uni Eropa dalam menciptakan kerja sama antara dua kawasan tersebut bisa terwujud. Hal itu dapat dibuktikan dengan keberhasilan kerja sama antara Uni Eropa-Jepang dan Uni Eropa-Korea Selatan sejak 2011 lalu. Jean-Baptiste Lemoyne melakukan kunjungan ke Indonesia pada tanggal 27 hingga 29 Nopember dan melakukan pertemuan dengan beberapa pejabat tinggi negara seperti dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto, serta Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal, Thomas Lembong. (Viqran/edit r)

Read 364 times Last modified on Friday, 30 November 2018 15:29