Thursday, 06 December 2018 08:41

BDF XI 2018 Bahas Demokrasi untuk Kesejahteraan

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Luar Negeri RI Retno LP Marsudi secara resmi membuka Forum Demokrasi Bali ke-11 tahun 2018, di Nusa Dua Bali, Kamis (6/12). Tahun ini Forum Demokrasi Bali mengambil tema Democracy for Prosperity.  Menteri Retno menjelaskan, pemilihan tema tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran peluang bagi demokrasi dalam mendorong terciptanya kesejahteraan bagi masyarakat. Selain itu, juga diharapkan bahwa pembangunan ekonomi dengan berlandaskan demokrasi tersebut juga dapat dilakukan secara berkelanjutan.

“Dalam rangka memajukan kemakmuran rakyat itulah maka untuk tahun ini kita mengambil tema Democracy for Prosperity. Diskusi dalam dua hari ini akan digunakan untuk melihat bagaimana demokrasi membantu kesejahteraan untuk semua, prosperity for all, dan juga tanpa mengurangi sifat dari suistainability dari pembangunan ekonomi tersebut.”

Forum Demokrasi Bali ke-11 tahun 2018 dihadiri oleh peserta dari 92 negara dan 7 lembaga internasional dengan jumlah peserta mencapai hampir 470 orang. Acara ini dihadiri oleh Presiden Republik Nauru Baron Divavesi Waqa dan sejumlah menteri dari negara sahabat, di antaranya Australia, Brunei Darussalam, Papua New Guinea, Selandia Baru, Suriname, Timor Leste, dan Tuvalu. Selain diskusi panel, rangkaian pertemuan Forum Demokrasi Bali tahun ini juga diisi dengan Konferensi Pelajar Demokrasi Bali dan Forum Media dan Masyarakat Madani Bali. Menurut Retno, hal ini bertujuan agar pembahasan demokrasi dapat dilakukan secara inklusif dan kompherensif dari sudut pandang yang beragam. (Ndy)

Read 486 times Last modified on Thursday, 06 December 2018 13:30