Thursday, 06 December 2018 13:10

Menlu RI Dorong Keberlangsungan Demokrasi

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi usai membuka Forum Demokrasi Bali atau BDF ke-11 tahun 2018, di Nusa Dua, Bali, Kamis  (6/12) mengatakan bahwa pertemuan BDF merupakan forum saling berbagi pengalaman untuk memajukan demokrasi di antara negara-negara demokrasi. Upaya inj dilakukan mengingat tidak adanya negara demokrasi yang tidak rentan terhadap kemunduran. Untuk itu, keberlangsungan demokrasi harus dipertahankan melalui saling belajar dan membangun generasi yang kuat antar sesama negara demokrasi. Menurutnya, kunci kesuksesan demokrasi adalah pada adanya inklusivitas bagi semua.

“Intinya kunci kesuksesan demokrasi adalah inklusivitas, demokrasi yang dapat diakses dan dinikmati oleh semua, tidak ada dimarginalkan, karena kohesi sosial terbentuk untuk mendukung kesejahteraan.”

Lebih lanjut Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan, selama 10 tahun pertama, BDF telah menciptakan kontribusi Indonesia terhadap pemajuan nilai-nilai demokrasi, pluralisme, dan modernisasi baik di kawasan Asia Pasifik maupun dalam tataran global. Dirinya menyampaikan bahwa pemerintah Indonesia terus berupaya untuk menunjukkan bahwa demokrasi merupakan alat untuk menghilangkan ketimpangan, mereduksi kesenjangan. Selain itu, demokrasi juga dapat memberikan kesempatan untuk kemajuan ekonomi dan politik secara seimbang. (Ndy)

Read 418 times Last modified on Thursday, 06 December 2018 13:38