Friday, 07 December 2018 09:36

Bertemu Australia, Indonesia Bahas Konsep Indo-Pasifik

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi bertemu dengan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne disela penyelenggaraan Forum Demokrasi Bali (BDF) ke 11 tahun 2018, Kamis di Nusa Dua, Bali. Usai pertemuan Menteri Retno mengatakan bahwa kedua negara membahas perkembangan konsep indo-pasifik yang diusulkan oleh Indonesia dalam upaya pengembangan kawasan. Selain itu menurutnya, Indonesia juga mengapresiasi dukungan Australia terhadap sentralitas ASEAN dan terhadap Badan Mitigasi Bencana ASEAN (AHA Center) di Jakarta. Menurut Retno, Australia telah setuju untuk terus mendukung AHA Center dan masa depan keterlibatan AHA Center di Rakhine State.

“Diatas semua itu, kami juga mendiskusikan pengembangan konsep indo-pasifik dan Indonesia mengapresiasi dukungan Australia terhadap sentralitas ASEAN. Kami juga mendiskusikan dukungan Australia kepada AHA Center di Jakarta dan setuju untuk terus mengkomunikasikan upaya bersama mendukung AHA Center dan masa depan keterlibatan AHA Center di Rakhine State.”

Lebih lanjut Menteri Retno juga mengapresiasi pernyataan yang disampaikan Menteri Luar Negeri Australia Marise Payne pada diskusi panel tentang Menjadikan Institusi Demokrasi dan Kemakmuran Inklusif Berkelanjutan. Dalam diskusi panel tersebut, Marise Payne menyebut tentang keterlibatan kaum perempuan dalam demokrasi. Menurutnya keterlibatan kaum perempuan dan demokrasi merupakan hal mutlak untuk menjamin terciptanya inklusifitas dan keterwakilan. (Ndy)

Read 453 times Last modified on Friday, 07 December 2018 15:29