Thursday, 20 December 2018 09:05

Nilai Dagang Indonesia – Qatar Meningkat Pesat

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

 

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral RI Ignasius Jonan mengatakan, nilai dagang antara Indonesia dan Qatar mengalami peningkatan pesat, dari sekitar 600 dolar Amerika Serikat di tahun 2017 menjadi lebih dari 1 juta dolar Amerika di tahun 2018. Namun bidang investasi belum mendapat perhatian yang sama. Hal tersebut disampaikan Menteri Ignasius Jonan dalam sambutannya pada perayaan Hari Nasional Qatar di Jakarta, baru-baru ini.

Kita telah menyaksikan adanya peningkatan yang signifikan. Tahun lalu nilai perdagangan kedua negara meningkat dari 600 juta dollar menjadi lebih dari 1 miliar dollar AS. Di bidang investasi, kami memahami belum terjadi peningkatan yang signifikan. Kedua negara harus berusaha meningkatkannya sesegera mungkin.”

Menurut data statistik Neraca Perdagangan Indonesia dengan Qatar dari Kementerian Perdagangan RI, total perdagangan kedua negara untuk periode Januari hingga Oktober 2018 telah mencapai 1,240 juta dolar Amerika atau meningkat 77,56 persen dibandingkan periode yang sama di tahun 2017, yang hanya mencapai 700 juta dolar Amerika. Impor di sektor minyak dan gas menjadi penyumbang terbesar senilai 1,074 juta dolar Amerika Serikat. Selain itu, Menteri Ignasius Jonan menambahkan, hubungan Qatar dan Indonesia juga sangat erat di bidang kemanusiaan. Qatar telah memberikan bantuan bagi Indonesia saat bencana di Nusa Tenggara Barat maupun di Sulawesi Tengah. Steve  

Read 443 times Last modified on Friday, 21 December 2018 07:01