Saturday, 22 December 2018 13:53

Indonesia Tindaklanjuti Diplomasi Ekonomi Dengan Afrika

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi membuka Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa. (Biro Pers Setwapres Wakil Presiden Jusuf Kalla secara resmi membuka Indonesia-Africa Forum (IAF) di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali, Selasa. (Biro Pers Setwapres

 

Indonesia akan terus menindaklanjuti diplomasi ekonomi dengan Afrika melalui penyelenggaraan Dialog Infrastruktur Indonesia-Afrika pada Agustus 2019. Acara yang akan diselenggarakan di Bali itu merupakan kelanjutan dari Forum Indonesia-Afrika yang berlangsung pada April lalu. Seperi ditulis Antara, Direktur Kerja Sama Afrika Kementerian Luar Negeri RI, Daniel Tumpal Simanjuntak, di Jakarta, Jumat (21/12) mengatakan,  memperkuat kerja sama ekonomi dengan negara-negara Afrika menjadi salah satu fokus diplomasi Indonesia di bawah pemerintahan Joko Widodo.

Karena nilai perdagangan Indonesia dengan negara-negara Afrika hanya tiga persen dari total perdagangan Indonesia dengan seluruh dunia. Tetapi, diplomasi ekonomi tidak bisa disederhanakan hanya menjadi kerja sama perdagangan. Diplomasi ekonomi juga harus bisa menghasilkan sumber dana baru dan outbond investment. Daniel Tumpal Simanjuntak menambahkan, pendekatan Indonesia ke negara-negara Afrika membuahkan hasil positif dengan penyelenggaraan Forum Indonesia-Afrika yang mencatat total kesepakatan bisnis senilai 586,56 juta dolar Amerika. antara.

Read 471 times Last modified on Sunday, 23 December 2018 12:10