Friday, 15 February 2019 13:10

Serbia Harapkan Perdagangan Langsung Dengan Indonesia

Written by 
Rate this item
(1 Vote)
foto : Kemlu foto : Kemlu

 

Duta Besar Serbia untuk Indonesia Slobodan Marinkovic, mendorong peningkatan kerjasama perdagangan dengan Indonesia. Saat berdialog bersama RRI Voice of Indonesia di Jakarta belum lama ini, Duta Besar Slobodan Marinkovic, menyampaikan pentingnya perdagangan langsung antara Indonesia dan Serbia. Menurutnya selama ini, hubungan perdagangan antara Indonesia dan Serbia masih melibatkan pihak ketiga. Hal ini menurutnya menjadi penghambat peningkatan nilai perdagangan antara kedua negara.

Banyak produk Indonesia yang dikirim ke pasar Serbia datang dari Belanda, Amerika dan negara lain meskipun produk tersebut asli Indonesia. Kopi, kakao, rempah-rempah atau beberapa produk industri seperti sepatu, tekstil, datang atas nama perusahaan multinasional. Kita harus bekerjasama antara perusahaan Serbia dan Indonesia tanpa melibatkan pihak ketiga. Keuntungannya didapatkan oleh pihak ketiga dan tidak dibagi rata kepada kedua pihak.

Lebih lanjut Duta Besar Serbia untuk Indonesia Slobodan Marinkovic juga berharap adanya peningkatan hubungan antar masyarakat atau people to people contact antara Indonesia dan Serbia. Menurutnya sektor pariwisata merupakan salah satu sektor yang dapat berkontribusi dalam meningkatkan people to people contact antara kedua negara. Dirinya memastikan adanya kemudahan bagi masyarakat Indonesia yang ingin berkunjung ke Serbia. Ia pun menyebut ketertarikan masyarakat Serbia untuk mengunjungi Indonesia karena ketertarikan mereka terhadap sektor pariwisata di Indonesia. (Ndy)

Read 427 times Last modified on Friday, 15 February 2019 13:17