Monday, 05 February 2018 15:07

Menteri Luar Negeri Ingatkan Pentingnya Penguatan Lembaga HAM Nasional

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mengatakan, isu Hak Asasi Manusia merupakan salah satu isu penting dalam hubungan internasional yang terus menjadi perhatian berbagai negara hingga saat ini. Oleh karena itu, negara-negara di dunia diharapkan melakukan berbagai tindakan terkait peningkatan implementasi Hak Asasi Manusia di tingkat nasional. Salah satunya melalui penguatan lembaga Hak Asasi Manusia nasional. Hal tersebut disampaikan oleh Menteri Retno Marsudi dalam sambutannya di Konferensi Internasional terkait Hak Asasi Manusia atau  Jakarta International Conversation on Human Rights di Jakarta, Senin, 5 Februari.

"Tindakan konkret di tingkat nasional harus dilakukan oleh legislative, dan untuk kerangka kelembagaan di bidang HAM harus terus diupayakan. Hak asasi manusia harus menjadi agenda di pemerintah pusat dan daerah. Lembaga HAM nasional harus diperkuat, kampanye dan pendidikan hak asasi manusia harus diintensifkan."

Retno Marsudi menambahkan, Indonesia selama kurang lebih dua dekade telah berupaya untuk terus memperkuat implementasi hak asasi manusia di tingkat nasional. Menurutnya, rencana nasional terkait HAM di Indonesia telah mencapai generasi ke empat sejak tahun 1998, dan akan terus diperbaharui. Dalam tingkat internasional, Indonesia sendiri hingga kini melalui diplomasi perdamaian dan kemanusiaannya, terus berperan aktif mempromosikan HAM dan mengadakan kerja sama terkait isu tersebut (VOI/Rezha)

 

Read 1137 times Last modified on Tuesday, 06 February 2018 04:09