Monday, 19 February 2018 06:47

Daftar Nomor Urut Parpol Pemilu 2019

Written by 
Rate this item
(0 votes)
(foto : antaranews.com) (foto : antaranews.com)

Sebanyak 14 partai politik (parpol) telah memperoleh nomor urut peserta Pemilu 2019 melalui pengundian yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI di Jakarta, Minggu (18/2/2018) malam.

Proses pengundian nomor urut diawali dengan mengambil nomor antrean terlebih dulu, di mana urutan partai yang mengambil nomor antrean ditentukan berdasarkan daftar hadir.

Sesuai daftar hadir, urutan partai yang berhak mengambil nomor antrean lebih dulu secara berturut-turut yakni Garuda, Berkarya, PSI, Hanura, Golkar, PDIP, Nasdem, Gerindra, PKB, PAN, Perindo, PKS, Demokrat, dan PPP.

Selanjutnya, nomor antrean yang telah diperoleh digunakan untuk urutan mengambil nomor urut partai peserta pemilu.

Adapun masing-masing partai dengan nomor urut yang telah diperolehnya adalah sebagai berikut: 

1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

2. Partai Gerindra

3. PDI Perjuangan (PDIP)

4. Partai Golkar

5. Partai Nasdem

6. Partai Garuda

7. Partai Berkarya

8. Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

9. Partai Persatuan Indonesia (Perindo) 

10. Partai Persatuan Pembangunan (PPP)

11. Partai Solidaritas Indonesia (PSI)

12. Partai Amanat Nasional (PAN)

13. Partai Hanura

14. Partai Demokrat

Dalam acara pengundian nomor urut ini, hadir sejumlah pimpinan parpol, antara lain Prabowo Subianto, Fadli Zon, Ahmad Muzani, dan Sandiaga Uno dari Partai Gerindra; Grace Natalie, Raja Juli Antoni, dan Isyana Bagoes Oka dari PSI; Megawati Soekarnoputri, Hasto Kristiyanto, dan Hendrawan Supratikno dari PDIP; serta Zulkifli Hasan, Eddy Soeparno, dan Yandri Susanto dari PAN.

Kemudian Tommy Soeharto, Neneng A Tutty dari Partai Berkarya; Oesman Sapta Odang dari Partai Hanura; Agus Harimurti Yudhoyono, Eddy Baskoro, dan Hinca Panjaitan dari Partai Demokrat; Hary Tanoe Sudibjo dari Perindo; Airlangga Hartarto dari Partai Golkar; Ronahurmuziy dari PPP; Muhaimin Iskandar dari PKB; Sohibul Iman dari PKS; Johnmy G Plate dari Nasdem; dan Ahmad Ridha Sabana dari Partai Garuda.

Menurut Ketua KPU RI Arief Budiman, nomor urut parpol peserta pemilu yang berbentuk bola kaca transparan dengan gambar peta Indonesia adalah sebagai simbolisasi KPU RI akan selalu mengedepankan kinerja yang transparan. (ant/jpp)

Read 894 times