Sunday, 12 January 2020 00:00

Banguwangi Jadi Tuan Rumah World Surf League 2020

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Beberapa daerah di Indonesia telah dipercaya dunia untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan berskala internasional. Seperti Asian Games di Jakarta dan Palembang pada 2018, Moto GP di Mandalika pada 2021. Dalam waktu dekat ini, Bayuwangi Jawa Timur terpilih sebagai tempat penyelenggaraan World Surf League 2020. Hal itu diungkapkan oleh Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Seperti dikutip dari Okezone, 8 Januari 2020, Anas di Jakarta mengatakan kompetisi internasional itu akan diselenggrakan pada bulan Juni 2020. Event ini diharapkan dapat menjadi ajang promosi pariwisata nasional ke dunia internasional.

Salah satu alasan dipilihnya Banyuwangi menjadi tempat penyelenggaraan World Surf League 2020 karena Banyuwangi dianggap berpengalaman melaksanakan kegiatan Internasional, misalnya Tour de Ijen yang rutin diselsenggarakan sejak tahun 2012. Selain itu di Banyuwangi ada G-Land yang menjadi tempat surfing internasional. Lokasi itu adalah Pantai Plengkung yang berada di Taman Nasional Alas Purwo.

Lokasi yang dipilih untuk World Surf League 2020 juga cukup unik bila dibandingkan lokasi lain. Lantaran berada di dalam taman nasional, penonton tidak lagi menyaksikan selancar dengan latar belakang gedung-gedung melainkan keindahan alam.

Sejauh ini persiapan menyambut World Surf League 2020 berjalan cukup baik, termasuk infrastruktur seperti jalan dan listrik. Ke depannya akan disediakan fiber optik untuk memperlancar akses dan komunikasi. Festival internasional merupakan cara yang efektif bagi Banyuwangi untuk menyesuaikan diri dengan standar internasional.

Read 823 times Last modified on Monday, 13 January 2020 11:17