Wednesday, 14 March 2018 00:00

Tari Bidu Hodi Hakdaur, dari Provinsi Nusa Tenggara Timur

Written by 
Rate this item
(0 votes)



Kali ini, akan memperkenalkan salah satu tari tradisional dari Provinsi Nusa Tenggara Timur. Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki corak kebudayaan berbeda dengan daerah lainnya di Indonesia. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya tarian tradisional yang beragam. Tarian asal provinsi ini biasanya sarat akan makna. Salah satunya adalah Tari Bidu Hodi Hakdaur.

tari tradisional di Nusa Tenggara Timur tidak mengenal tarian tunggal atau tarian yang hanya dimainkan oleh satu orang saja. Tak terkecuali dengan Tari Bidu Hodi Hakdaur ini. Tarian ini diperagakan oleh lebih dari dua orang. Tari Bidu Hodi Hakdaur diiringi dengan musik yang berasal dari perpaduan gendang, gong, tambur, dan tiupan recorder (sejenis seruling). Bahkan, tarian ini juga kerap diselingi dengan nyanyian lagu daerah rakyat Belu, “Loro Malirin” yang diiringi dengan pekikan nyaring yang bersahutan.

Tari Bidu Hodi Hakdaur, dikembangkan dari tarian Likurai dari suku Belu, Nusa Tenggara Timur. Tarian ini diperagakan  oleh  sejumlah  laki-laki  dan  perempuan. Dalam tarian yang dinamis ini, penari laki-laki dan perempuan memakai busana tenun ikat Suku Belu dan aksesoris seperti tais (tas tradisional) dan kelewang (parang tradisonal). Para penari mengenakan aksesoris ini sekaligus untuk menampilkan kekayaan budaya etnik Nusa Tenggara Timur yang eksotik. Tari Bidu Hodi Hakdaur ini  biasanya dipersembahkan dalam  rangka menyambut tamu kehormatan, perayaan pesta perkawinan, acara ritual adat, dan hiburan.

pertunjukan Tari Bidu Hodi Hakdaur ini diawali dengan penari laki-laki yang menarikan gerakan kaki dengan lincah dan kokoh sambil membunyikan giring-giring (gelang kaki) dengan mengikuti irama gendang. Kemudian datang sejumlah penari perempuan yang berlenggak-lenggok sambil memukul gendang atau bibiliku (tambur) dengan penuh semangat dan riang gembira. Setelah itu, ada koreografi berpasangan dan secara berkelompok membentuk lingkaran.

Tari Bidu Hodi Hakdaur diwariskan secara turun temurun. Dahulu, tarian tradisiona ini adalah tarian untuk menyambut kedatangan panglima perang yang berhasil menaklukan lawan. Tarian ini merepresentasikan barisan laki-laki yang gagah memainkan kelewang dan mengalahkan musuh. Sedangkan, barisan perempuan, menabuh gendang dengan riang gembira menyambut kedatangan laki-laki dan merayakan kemenangan perang. Namun, kini tarian ini memiliki makna lain yaitu kebersamaan, kegembiraan dan gotongroyong.// Enggar

Read 1054 times