Tuesday, 13 March 2018 00:00

Curug Putri Palutungan

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Kuningan merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Kuningan selain dikenal sebagai kota Kuda. Ternyata, Kuningan memiliki banyak tempat wisata Air Terjun (bahasa Sunda = Curug) yang eksotis dan menakjubkan. Salah satunya adalah Curug Putri Palutungan. Curug sangat cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki jiwa berpetualang, Curug juga bisa memberikan sensasi berlibur yang berbeda dan Menyenangkan.

Curug Putri Palutungan terletak dikawasan hutan wisata di kaki gunung Ciremai. Curug Putri juga merupakan salah satu jalur pendakian menuju puncak Ceremai. Walaupun jalurnya terpanjang, namun kebanyakan pendaki lebih memilih lewat curug ini karena rutenya paling mudah. Jarak air terjun dari pos penjagaan Taman Nasional Gunung Ceremai tidak terlalu jauh, hanya beberapa puluh meter saja. Hutan wisata yang memiliki luas areal 50 hektar ini dikelola oleh Perum Kehutanan Kabupaten Kuningan.

Curug setinggi 20 meter ini sebenarnya memiliki banyak nama lain. Ada yang menyebutnya Curug Putri, Curug Ciputri, Curug Siputri dan Curug Putri Palutungan. Apabila diperhatikan secara seksama, bentuk curug ini menyerupai pengantin dengan gaun putihnya. Hal inilah yang membuatnya dinamakan Curug Putri.

Selain itu, masyarakat juga mempercayai legenda yang tersebar yakni Curug Putri adalah tempat pemandian para bidadari dari kahyangan. Ketika hujan gerimis dan matahari bersinar, Curug Putri akan menampilkan indahnya pelangi dari sela-sela pepohonan. Pelangi itulah yang diyakini sebagian besar masyarakat sebagai jembatan bagi para bidadari untuk turun ke bumi.

Curug Putri dipercaya memiliki khasiat, yakni menyembuhkan penyakit tulang dan mampu mendekatkan jodoh serta pekerjaan. Namun, banyak juga yang mempercayai Curug Putri bisa menyembuhkan 1001 penyakit. Intinya, banyak yang datang ke Curug Putri untuk meminta berkah. Maka tidak heran jika pengunjung membiarkan tubuhnya terkena cipratan air terjun.

Letak Curug Putri menjorok ke dalam dan dikelilingi rimbunnya pepohonan serta tebing-tebing terjal. Di sebelah kiri curug, pengunjung akan menemukan pohon beringin besar yang bisa dipakai untuk berteduh.Di depannya ada kolam untuk menampung air terjun yang tidak terlalu dalam, kurang lebih sepinggang orang dewasa. Karena cukup dangkal, maka bisa digunakan untuk berendam dan berenang. Apalagi airnya sangat jernih, jadi pengunjung tidak perlu ragu untuk menyelaminya.

Jarak Curug Putri dari pusat Kota Kuningan tidak terlalu jauh, hanya 10 km dan bisa ditempuh kurang lebih 30 menit perjalanan. Akses menuju lokasi tidak sulit dijangkau, karena jalanannya sudah beraspal. Walaupun tidak terlalu lebar dan berkelok-kelok, tapi cukup memadai untuk dilalui segala jenis kendaraan. Jalan menuju Curug Putri sejalur dengan Goa Maria yang terletak di Totombok, Cisantana. Jarak lokasi dari Goa Maria hanya beberapa kilometer saja.

Fasilitas umum di Curug Putri sudah cukup lengkap, ada toilet umum, tempat ibadah, tempat parkir, warung makan dan pusat informasi. Fasilitas pelengkap lainnya adalah sarana olahraga, area camping ground serta outbond. Curug Putri memang memiliki pesona tersendiri. Legenda tentang adanya bidadari dan khasiat air terjun yang dapat mendekatkan jodoh membuat siapapun penasaran ingin mengunjunginya.//

Read 987 times