Friday, 17 July 2020 05:49

Dampak Pencabutan Lockdown

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Pelonggaran atau bahkan pencabutan status penguncian wilayah (Lockdown),   oleh  beberapa negara dalam menghadapi covid19 sejak Juni lalu,   kini   sudah mulai menunjukkan dampaknya.  Di Manila, Philipina, negara dengan jumlah kasus  covid19 terbanyak kedua di Asia Tenggara, terjadi  peningkatan yang sangat signifikan. Tak heran kalau Pemerintah Philipina kemudian melakukan lockdown untuk kedua kalinya di masa pandemi ini. Dimulai kemarin, Kamis (16/7) lockdown akan berlangsung  selama dua pekan hingga akhir Juli mendatang untuk menekan penyebaran virus corona. Juru bicara pemerintah Filipina, Harry Roque mengatakan sejumlah sektor bisnis tetap dibolehkan beroperasi selama diberlakukan lockdown. Kasus virus corona di Filipina meningkat lebih dari tiga kali lipat sejak pemerintah mencabut lockdown dan membuka kembali sebagian sektor bisnis mulai Juni lalu.  Filipina menjadi negara dengan jumlah infeksi tertinggi kedua di Asia Tenggara setelah Indonesia.

 

Data yang dikutip dari Deutsche Welle menyebutkan, angka Infeksi virus corona memang melonjak di seluruh dunia pada Rabu (15/07). Hal ini membuat beberapa negara harus “mengerem” niat untuk membuka kembali kegiatan di sejumlah wilayah atau memberlakukan pembatasan baru.

 

Selain Philipina,  beberapa negara yang juga melakukan pengetatan fase kedua diantaranya adalah Hong Kong, Tiongkok, dalam hal ini kota Beijing, dan  Catalonia

 

Tampaknya  pelonggaran Lockdown yang dilakukan untuk mendorong bergeraknya sektor ekonomi telah  menimbulkan dampak yang signifikan terhadap sebaran virus Covid19. Sebutan New Normal untuk masa  sesudah lockdown  membuat masyarakat umumnya melupakan protokol kesehatan dalam menghadapi  Covid 19 yang sudah dibiasakan sebelumnya. Akibatnya, menjadi pemicu peningkatan jumlah mereka yang terinfeksi sehingga berujung pada kondisi yang memaksa terjadinya lockdown kedua.

 

Pemerintah Indonesia telah mengganti istilah New Normal dengan Adaptasi Kebiasaan Baru.  Selain New Normal adalah  istilah asing yang mungkin kurang dipahami masyarakat, ditengarai orang lebih mengedepankan kata normal , yang mungkin mengacu kepada  tatanan kehidupan sebelum pandemi,  dari pada new yang  dimaksudkan sebagai kebiasaan baru, khususnya berkaitan dengan protokol kesehatan.

Read 113 times