Wednesday, 22 July 2020 10:11

Komitmen Uni Eropa mengantisipasi dampak Covid 19

Written by 
Rate this item
(0 votes)


Setelah melewati diskusi dan argumentasi empat hari, Para Para pemimpin Uni Eropa akhirnya menghasilkan kesepakatan penting untuk mengatasi pandemi Covid 19. KTT pemimpin Uni Eropa yang berakhir Selasa 21 Juli menyepakati pengumpulan dana sekitar 2 trilyun Euro. Meski  sempat terkendala karena Hungaria dan Polandia berusaha menghambat kesepakatan,  Presiden Dewan Eropa Charles Michel menyatakan KTT itu berlangsung dengan sukses. Diskusi maraton 4 hari akhirnya  berhasil memberikan harapan baru bagi penanganan dampak Covid 19. Presiden Perancis Emanuel Macron bahkan mengatakan bahwa penetapan hasil KTT kali ini merupakan momen bersejarah bagi Uni Eropa. 

Dana sekitar 2 trilyun Euro yang merupakan kesepakatan para Pemimpin Uni Eropa akan disalurkan dalam bentuk hibah dan pinjaman, bagi anggota Uni Eropa yang memerlukan karena mengalami dampak signifikan dari pandemi Covid 19. Walaupun demikian, Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen sempat mengemukakan kekecewaan karena adanya pemotongan anggaran guna keperluan penelitian dan inovasi,

Komitmen dan kesepakatan para pemimpin Uni Eropa ini patut dicatat sebagai keberhasilan bersama dalam menangani Covid 19 dan dampaknya. Para pemimpin telah memanfaatkan organisasi yang mereka bentuk untuk mendiskusikan masalah mendesak dan penting yaitu pandemi Covid 19. Ketetapan dalam KTT itu dapat menjadi contoh bagi organisasi regional lainnya dalam memandang dan menyelesaikan persoalan. Bagi organisasi di luar Uni Eropa, ketidak paduan pandangan dan komitmen yang berbeda sering menjadi masalah bagi dicapainya kesepakatan. Uni Eropa beruntung karena negara anggotanya tidak ada yang  terlibat konflik, apalagi perang saudara,  sebagaimana yang ada di kawasan lain di dunia ini. Kondisi ekonomi negara penyangga utama Uni Eropa, seperti Jerman dan Perancis pun cukup mampu untuk  ikut mendorong terwujudkan komitmen pendanaan dan upaya bersama.

Covid 19, di beberapa negara Uni Eropa memang sudah mulai dianggap mereda, namun mengantisipasi dampak di masa depan, khususnya di bidang ekonomi memang harus dipikirkan. Itulah yang dilakukan para pemimpin Uni Eropa.

Read 109 times