Sunday, 24 January 2021 00:00

Hds

Written by 
Rate this item
(1 Vote)

Kami awali dengan Peristiwa 24 Januari 1916, Kelahiran Soedirman.

Jenderal Besar Raden Soedirman adalah salah satu pahlawan nasional Indonesia yang paling terkenal. Ia lahir di Purbalingga, Jawa Tengah, 24 Januari 1916. Pada tahun 1944, ia bergabung dengan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang disponsori Jepang, menjabat sebagai komandan batalion di Banyumas. Setelah Indonesia merdeka, dalam suatu pertempuran dengan pasukan Jepang, ia berhasil merebut senjata pasukan Jepang di Banyumas. Sesudah Tentara Keamanan Rakyat (TKR) terbentuk, ia kemudian diangkat menjadi Panglima Divisi V/Banyumas dengan pangkat Kolonel. Dan melalui Konferensi Tentara Keamanan Rakyat tanggal 2 Nopember 1945, ia terpilih menjadi Panglima Besar TKR/Panglima Angkatan Perang Republik Indonesia. Namanya didedikasikan sebagai nama jalan utama di berbagai wilayah.

Beralih ke peristiwa 24 Januari 1927, Sutradara Alfred Hitchcock merilis film pertamanya, The Pleasure Garden, di Inggris.

Sir Alfred Joseph Hitchcock adalah seorang sutradara asal Inggris yang terkenal dengan film-film bergenre thriller. Terpengaruh oleh gerakan ekspresionisme di Jerman, dia memulai debut sutradaranya di Inggris sebelum akhirnya bekerja di Amerika Serikat pada tahun 1939. Dengan film-filmnya yang berjumlah lebih dari 50 buah sepanjang enam dekade kariernya, menjadikannya sebagai salah satu sutradara terbaik dan terpopuler sepanjang zaman. Inovasi dan visinya telah memengaruhi begitu banyak pembuat film, produser, dan juga aktor.

                        

Kami akhiri dengan 24 Januari 1939, Gempa Bumi Chilli.

Pada 24 Januari 1939 terjadi gempa bumi terburuk sepanjang sejarah di bagian selatan Chilli dengan kekuatan 8,3 skala richter. Korban jiwa diperkirakan sebanyak 28 ribu orang. Pasca bencana, pemerintah Chilli membuat Badan kerjasama Pembangunan untuk merekonstruksi dan membangun kembali Chilli.

Read 730 times Last modified on Sunday, 24 January 2021 18:39
More in this category: « hds hds »