Sunday, 21 February 2021 00:00

UniRenk merilis daftar Universitas Islam terbaik dunia 2021

Written by 
Rate this item
(0 votes)
Foto:Antara Foto:Antara

UniRenk merilis daftar Universitas Islam terbaik dunia 2021 atau 2021 Top Islamic Universities versi UniRenk pada Rabu (18/2). Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur, menempati posisi nomor satu. Sebagai kampus Islam terbaik, UMM mengalahkan University of Science and Technology dari Iran dan Cairo University dari Mesir, pada urutan kedua dan ketiga. Urutan keempat Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan kelima Umm Al-Qura University Arab Saudi.

UniRenk merupakan lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berpusat di Sydney, Australia. Setiap tahun lembaga ini merilis hasil survei perguruan tinggi terbaik di dunia dengan indikator penilaian berbasis matrik web yang dibuat oleh UniRank.

Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar kampus Islam terbaik merujuk pada tiga faktor. Yaitu pertama, diakreditasi oleh organisasi pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh.

UniRenk menjelaskan penyusunan daftar universitas Islam terbaik dunia dilakukan berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi, yang disediakan oleh sumber intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri.

Selain itu UniRank juga merilis 15 universitas terbaik di Indonesia 2021 untuk semua kategori, baik negeri, swasta dan universitas Islam. Tiga diantaranya adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada posisi pertama, Universitas Indonesia (UI) Depok Jawa Barat posisi kedua disusul Universitas Diponegoro (Undip).

Read 748 times Last modified on Monday, 22 February 2021 15:36