Monday, 11 June 2018 00:00

Pulau Sombori, Sulawesi Tengah

Written by 
Rate this item
(0 votes)

Hari ini akan memperkenalkan Pulau Sombori di Sulawesi Tengah. wilayah perairan Teluk Tolo secara geografis termasuk ke dalam provinsi Sulawesi Tengah. Perairan ini, memiliki biota laut yang sangat besar jumlahnya. Oleh karena itu, Perairan Teluk Tolo dimanfaatkan sebagai objek wisata bahari. Keindahan perairan ini, dapat dinikmati dari Pulau Sombori. Pulau ini terletak di bagian selatan Teluk Tolo, tepatnya di Kabupaten Morowali, di antara Kecamatan Bungku Selatan dan Kecamatan Menui Kepulauan.

Sombori adalah kawasan konservasi yang terdiri dari gugusan pulau-pulau karang yang indah. Sebagian pulau dijadikan tempat tinggal para nelayan, namun lebih banyak yang kosong tanpa disentuh manusia. Untuk menuju kawasan Sombori, dapat ditempuh melalui Kendari, ibukota Sulawesi Tenggara. Selanjutnya, dapat memilih untuk menempuh perjalanan darat atau laut.

Jika memilih perjalanan darat, perjalanan dilakukan selama 6 jam menuju Pelabuhan Lafeu, Kecamatan Bungku Pesisir. Kemudian dilanjutkan dengan perjalanan laut sekitar 1 jam menuju lokasi pulau Sombori. Sedangkan jika menempuh perjalanan laut, akan memakan waktu setengah hari, jika menggunakan kapal niaga. Sedangkan jika menggunakan speedboat, dapat ditempuh sekitar 4 hingga 5 jam.

memasuki kawasan Pulau Sombori, akan disambut dengan pemandangan yang sangat mengagumkan. Laut yang cukup berombak serta tebing karang tinggi yang mengawal di sisi kiri dan kanan. Masuk lebih dalam lagi, maka pemandangan semakin memesona. Semakin banyak gugusan pulau karang dengan berbagai ukuran dan bentuk. Ada yang hanya serupa karang menonjol tanpa vegetasi, hingga pulau karang raksasa yang diselimuti pepohonan rimbun nan eksotik. Pulau-pulau karang ini punya pantai dengan pasir putih yang bersih.

dengan kawasan konservasi laut seluas sekitar 41.000 hektar, Sombori adalah surga bagi penikmat kegiatan bawah laut. Beraneka macam bentuk dan warna binatang serta karang yang terhampar di lautan yang tenang ini. Anemon laut yang menjadi rumah bagi berbagai ikan warna-warni bergoyang mengikuti arus air. Akropora atau Karang meja yang luas dengan mudah dapat ditemukan di sini. Saat ini, banyak paket wisata yang menawarkan wisata menuju pulau Sombori dengan biaya yang cukup terjangkau.

Read 1005 times