Sunday, 10 June 2018 00:00

Arak Arakan Pengantin Sahur, Riaur

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

Di bulan Ramadhan hari ini kami akan mengajak anda ke Riau, untuk mengenal tradisi membangunkan Sahur . Saat ini di seluruh penjuru dunia, umat muslim sedang melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Umat muslim yang sedang berpuasa tidak boleh makan dan minum mulai matahari terbit sampai matahari terbenam, kurang lebih 12 jam. Untuk menghadapi puasa keesokan harinya, umat muslim harus melaksanakan makan Sahur, biasanya kegiatan sahur ini dilakukan sejak pukul 2 dini hari. Banyak cara dilakukan masyarakat untuk membangunkan Sahur. Tradisi membangunkan warga untuk makan sahur di saat Ramadhan adalah hal yang biasa dilakukan banyak daerah di Indonesia. Salah satunya adalah di Riau, tepatnya di Pulau Palas, Kecamatan Tembilahan Hulu, kabupaten Indragiri Hilir, Riau. Tradisi yang dipertahankan di Riau ini sangat menariK. Karena di sini ada sebuah tradisi membangunkan saat Sahur yang dikenal dengan Arak-arakan Pengantin Sahur.

pengantin Sahur adalah acara untuk mengarak pengantin. Pengantin di sini seperti pengantin yang sebenarnya, tetapi di dalam acara mengarak pengantin sahur ini, yang menjadi pengantin semuanya adalah laki-laki. Satu diantara mereka akan dirias seperti pengantin perempuan.Pengantin yang semuanya pria ini akan memakai baju dan dirias seperti pengantin sesungguhnya.   Di sini ada 3 pasang pengantin.   Sesudah di rias dan memakai baju pengantin , kemudian pengantin sahur ini akan di arak menggunakan gerobak untuk keliling kampung. Yang membuat menarik adalah, sambil mengarak pengantin sahur, dengan menggunakan pengeras suara, music dan penerangan, mereka juga menyanyikan lagu-lagu Islami ..

arak-arakan pengantin sahur ini akan membangunkan warga mulai dari pukul 01.30 WIB sampai pukul 03.00 WIB atau sampai sahur tiba. Warga yang terbangun karena keramaian ini, selanjunya akan turut berkeliling meramaikan arak-arakan ini.Pengantin Sahur ini sudah dimulai sejak puluhan tahun lalu. Acara ini digelar hampir setiap malam selama bulan Ramadhan. Tetapi untuk tidak mengganggu kegiatan warga di hari kerja, maka akhir-akhir ini arak-arakan Pengantin Sahur hanya dilakukan pada hari Sabtu dan MInggu malam.

kegiatan mengarak pengantin sahur yang diadakan setiap akhir pekan, merupakan kegiatan positif bagi Pemuda-pemuda di daerah tersebut dalam mengisi waktu saat Ramadhan . Tidak hanya itu saja, pada pertengahan Ramadhan, biasanya pengantin sahur juga akan dipertandingkan degan berbagai penilaian seperti tata rias, kostum dan kekompakan pasangan pengantin.

Read 960 times Last modified on Sunday, 10 June 2018 22:18