Friday, 22 October 2021 14:25

Doclang Dari Bogor

Written by 
Rate this item
(0 votes)

 

 

VOI PESONA INDONESIA Bogor yang letaknya tidak jauh dari Kota Jakarta memiliki banyak kuliner legendaris, salah satu yang bisa dinikmati sebagai hidangan sarapan pagi adalah Doclang. Doclang ini banyak dan mudah ditemui di jalan Mantarena Lebak, Bogor. Biasanya Doclang ini siap untuk disajikan bersama irisan tahu dan ketupat.

Jika di Jakarta ada ketoprak , di Bandung ada kupat tahu maka di Bogor ada doclang; ketiga makanan ini merupakan hidangan kuliner yang hampir sama karena semua menggunakan siraman sambal kacang. Tetapi walaupun hampir sama, terdapat juga perbedaan di antara ketiga kuliner tersebut. Doclang memiliki ciri khas tersendiri, ketupat yang digunakan dalam sajian doclang tidak dibungkus dengan daun kelapa yang muda seperti pada umumnya, tetapi dibungkus dan dimasak dengan menggunakan daun patat. Daun patat yang mempunyai nama latin Phrynium Capitatum ini sudah sejak lama digunakan masyarakat Bogor sebagai bahan pembungkus ketupatnya. Daun Patat digunakan sebagai pembungkus ketupat   karena diyakini banyak mengandung serat dan protein, selain juga karena tekstur daunnya yang halus dan elastis untuk dijadikan sebagai bahan pembungkus.

Pendengar, secara umum doclang berisi potongan ketupat, tahu, kentang dan tambahan telur lalu diberi siraman bumbu kacang yang mempunyai rasa agak pedas, kemudian ditambah dengan kerupuk dan sambal bagi yang menginginkan rasa pedas. Satu porsi Doclang lengkap dengan tambahan telur dijual dengan harga Rp. 8000. Bila anda sedang berada di Bogor cobalah Doclang sebagai menu sarapan, selain mengandung karbohidrat yang tinggi, Doclang memilki rasa yang khas, Doclang akan lebih nikmat jika disajikan dengan ditemani teh hangat. Kita akhiri Pesona Indonesia hari ini. Kita berjumpa lagi besok. Inilah Suara Indonesia di Jakarta.

Read 316 times Last modified on Friday, 22 October 2021 14:32