Tuesday, 05 October 2021 00:00

“PANTAI ELAK-ELAK”

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Jika pandemi telah usai, datanglah berwisata ke Indonesia. Bagi Anda pencinta wisata pantai, berkunjunglah ke Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Disana ada banyak pantai cantik. Salah satunya Pantai Elak-ELak. Pantai Elak-Elak berlokasi di kawasan Sekotong, Lombok Barat, tepatnya di Desa Batu Putih. Jika anda berangkat dari Kota Mataram, ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat perlu melakukan perjalanan selama satu setengah jam berkendara untuk tiba di tempat ini. Sedang dari Bandara Internasional Lombok sekitar 3 jam menggunakan motor atau mobil pribadi. Akses ke lokasi cukup mudah dan nyaman, karena kondisi jalan utama menuju lokasi sudah diaspal.

Menurut bahasa Sasak, salah satu suku tradisional yang mendiami Pulau Lombok, Pantai Elak Elak bisa berarti lidah. Menurut cerita, konon pantai ini dinamakan demikian karena merupakan sebuah tanjung yang menjorok ke laut yang sekilas memiliki bentuk mirip lidah manusia. Pantai ini tergolong pantai yang belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga suasananya lebih tenang dan sepi, cocok bagi Anda yang mencari kesunyian. Untuk masuk ke objek wisata ini, Anda dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5.000 per orang. Jika membawa kendaraan bermotor, dikenakan biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp2.000 untuk sepeda motor atau Rp5.000 untuk mobil .

Pantai Elak-Elak punya pesona alam yang sangat indah. Karakter pasir putih bersih, berpadu dengan birunya air laut nan jernih. Di sepanjang bibir pantai terdapat deretan pepohonan yang menambah teduhnya suasana, sehingga sangat cocok sebagai tempat bersantai melepas penat. Selain bersantai di tepi pantai, anda juga bisa melakukan piknik bersama keluarga. Pantai Elak-elak memiliki karakter pantai dan laut yang tenang. Tidak ada gelombang tinggi pada kondisi normal. Karenanya, anda bisa berenang di tepian pantai sepuasnya. Selain itu, Panti Elak-elak juga memiliki keindahan alam bawah laut yang menakjubkan, Anda bisa snorkling dan diving sepuasnya. Pantai Elak-elak memiliki keunikan lainnya yaitu terdapat Pulau Karang yang berada cukup dekat dengan bibir pantai. Pulau tersebut sebenarnya adalah karang yang mencuat ke permukaan air laut, sehingga membentuk sebuah bukit. Di bagian atas karang ditumbuhi beberapa pohon. Pulau Karang ini bisa dikunjungi. Anda tak perlu menyewa sampan, cukup dengan berjalan kaki, terutama saat air laut surut. Anda bisa berfoto atau mengelilingi pulau Karang. Sebaiknya Anda tetap hati-hati agar tidak terpeleset dan terjatuh.

Read 292 times Last modified on Thursday, 07 October 2021 11:51