Monday, 29 November 2021 00:00

Danau Tolire, Maluku Utara

Written by 
Rate this item
(0 votes)

VOI PESONA INDONESIA Danau Tolire  terletak di kaki gunung api Gamalama. di Ternate, Maluku Utara.Jika kita berkunjung ke Danau Tolire kita harus terlebih dahulu terbang ke Kota Ternate,  Maluku Utara. Dari kota Ternate jaraknya kurang lebih 10 Km arah selatan kota. Setelah melakukan perjalanan selama lebih kurang 20 menit melewati pinggir pantai dan perbukitan anda akan sampai di Danau Tolire.

Menurut hikayat masyarakat Ternate dan menjadi kepercayaan warga setempat, danau Tolire terbentuk akibat kemurkaan Yang Maha Kuasa karena adanya cinta terlarang antara seorang ayah dengan anaknya. Dibalik cerita rakyat tersebut, Danau Tolire memberikan sebuah wisata unik selain keindahan alam beserta makhluk hidup di sekitarnya. Danau ini terdiri dari dua danau, Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil, yang hanya berjarak 200 meter. Dengan latar belakang gunung api Gamalama yang indah, Danau Tolire Besar terlihat cantik dan eksotik dengan airnya yang berwarna hijau toska.

Sampai saat ini belum ada yang meneliti seberapa dalam Danau Tolire, namun masyarakat setempat yakin kedalamannya sulit dijangkau karena diperkirakan menyambung ke arah laut. Sementara untuk Danau Tolire kecil posisinya kurang lebih 200 meter dari Danau Tolire besar. Danau Tolire kecil letaknya lebih mendekat ke arah bibir pantai. Sepintas mirip sebuah tambak udang atau ikan di tepian pantai yang disekelilingnya ada berjejer pohon kelapa dan pepohonan lainnya. Saat mengunjungi Danau Tolire Besar, banyak objek wisata lainnya yang bisa dinikmati, seperti keindahan panorama puncak Gunung Gamalama, sejumlah benteng peninggalan Portugis dan makam Sultan Babullah, Sultan Ternate yang paling terkenal. Tidak hanya itu, bila sore menjelang, baik Danau Tolire Besar maupun kecil akan menjadi tempat sempurna menikmati matahari terbenam dengan latar lautan biru nan indah. 

Jangan lupa jika berkunjung ke Indonesia bagian Timur mampir ke Maluku Utara tempat banyak wisata alam yang patut dikunjungi baik wisata pantai, pegunungan dan sejarah. Saudara demikian  Pesona Indonesia kali ini dengan tema Danau Tolire di Ternate Maluku Utara. Kita akan bertemu lagi besok dengan topik yang menarik lainnya. 

Read 283 times Last modified on Monday, 29 November 2021 10:58